Kamis, 20 Des 2018 11:05 WIB

Alasan Pria dengan Hipertensi Disarankan Olahraga Malam

Firdaus Anwar - detikHealth
Olahraga aerobik pada malam hari bermanfaat untuk kendalikan hipertensi. (Foto: Thinkstock) Olahraga aerobik pada malam hari bermanfaat untuk kendalikan hipertensi. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Para pria yang sedang menjalani pengobatan untuk kondisi hipertensi disarankan oleh studi terbaru sebaiknya olahraga pada sore atau malam hari. Alasannya karena peneliti melihat manfaat penurunan tekanan darah yang lebih besar.

Peneliti senior Claudia Forjaz dari University of Sao Paulo, Brazil, menemukan pasien hipertensi yang bersepeda malam hari selama 45 menit tingkat penurunan tekanan darahnya lebih baik dibandingkan pasien yang olahraga pagi. Hal ini diketahui setelah peneliti melihat data dari 50 pasien pria selama 10 minggu.

Sebelum mulai bersepeda pasien memiliki tekanan darah dengan rentang sistolik 133-135 mmHg dan diastolik 88-921 mmHg. Nah setelah olahraga malam rata-rata tekanan darah sistolik jadi turun 8 mmHg dan diastolik turun 3 mmHG.



Tekanan darah sistolik adalah angka yang menggambarkan tekanan darah pada dinding arteri saat jantung memompa, normalnya tidak lebih dari 120/80 mmHG. Sementara itu tekanan darah diastolik menggambarkan tekanan darah pada dinding arteri saat jantung istirahat.

"Untuk hasil yang lebih maksimal dan cepat sebaiknya lakukan olahraga aerobik pada malam hari," kata Forjaz seperti dikutip dari Reuters, Kamis (0/12/20018).

"Kalau pasien olahraga pagi, mereka juga akan mendapatkan manfaatnya meski mungkin butuh waktu lebih lama (mengendalikan hipertensi -red)," lanjutnya.

Dalam laporan di jurnal Medicine & Science in Sports & Exercise peneliti tidak yakin apakah hasil yang sama pada wanita. Selain itu karena studi hanya melihat satu jenis olahraga saja, ada kemungkinan hasil berbeda dengan olahraga lain.

Hipertensi sendiri menurut peneliti adalah kondisi yang bertanggung jawab terhadap kematian 8 juta jiwa manusia per tahun. Kebanyakan pasien meninggal karena penyakit seperti stroke atau serangan jantung.

(fds/up)