Jumat, 21 Des 2018 11:49 WIB

Suka Makan Sembarangan Saat Traveling? Hati-hati Mag Bisa Kambuh

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: shutterstock
Jakarta - Traveling tak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Bahkan kini muncul tren culinary traveling yaitu traveling untuk mencicipi ragam makanan dan minuman khas.

Misalnya Padang yang punya nasi kapau lengkap dengan sajian lauk pauk yang pedas seperti dendeng balado dan rendang. Jika pergi ke Toraja, jangan lupa cicipi kopi khasnya dengan cita rasa fruity.



Sementara kalau ke Yogyakarta, jangan lupa ke daerah Malioboro untuk mencicipi nasi kucing dengan aneka gorengan yang renyah di angkringan. Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi mengungkapkan beberapa makanan dan minuman yang sering dikonsumsi saat traveling bisa memicu sakit mag.

"Terlalu asam, terlalu pedas, mengandung bumbu-bumbu yang merangsang atau terlalu tajam, kopi, mengandung gas yang tinggi bisa memicu kambuhnya mag. Semuanya tergantung sensitifitas lambung seseorang," ujar dr Helmin kepada detikHealth, Rabu (19/12/2018).

Makanan pedas jika dikonsumsi berlebihan bisa mengurangi lapisan yang berfungsi melindungi lambung. Sehingga lapisan ini akan semakin menipis yang membuat lambung rentan terkena infeksi dan memicu mag kambuh.


Sementara kopi mengandung banyak kafein yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat dan meningkatkan produksi asam lambung. Mengonsumsi gorengan berlebihan juga bisa menyebabkan mag kambuh karena tukak lambung bisa terluka akibat makanan berlemak dari gorengan.

"Makan-makanan tersebut dapat merangsang produksi asam lambung. Keasaman lambung jadi tinggi yang mengakibatkan timbul gejala sakit maag," jelasnya.

Siapkan Promag di dalam tas saat traveling agar kulineran tetap nyaman. Kandungan hydrotalcitenya bekerja cepat mengatasi mag karena berfungsi membantu membentuk lapisan dinding lambung. Jadi rasa nyeri karena iritasi asam lambung bisa diatasi dengan efektif. (mul/ega)