Minggu, 23 Des 2018 11:50 WIB

Asoy, Musisi Ini Tetap Bermain Gitar Saat Jalani Operasi Otak

frp - detikHealth
Gambar otak manusia. Foto: ilustrasi/thinkstock Gambar otak manusia. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Musa Manzini, seorang musisi asal Afrika Selatan memutuskan untuk tetap sadar saat menjalani operasi untuk otaknya. Selama operasi yang berjalan 6 jam tersebut, ia memainkan sebagian gitar untuk mengembalikan gerakan jemarinya.

Keputusan itu dibuat masak-masak untuk mempertimbangkan karirnya sebagai seorang musisi. Hal ini disebabkan adanya tumor otak yang terkait dengan kondisi neurologis yang telah ia idap sejak tahun 2006.


"Operasi dengan pasien terbangun lebih disukai ketimbang penggunaan anestesi umum. Dengan begini, kita dapat mengetes area sebelum tumor diambil. Sehingga memungkinkan untuk mempermudah pengangkatan tumor dan meminimalisir kerusakan pada otak," ungkap Dr Basil Enicker yang bertanggung jawab atas operasinya, dikutip dari BBC.

Para dokter ingin meminimalisir risiko kelumpuhan atau kehilangan fungsi dari korteks motorik otak yang mengontrol gerakan tanpa sadar.

Musa Manzini menyebut ia sangat bersyukur atas perawatannya, dan berencana akan kembali manggung lagi setelah ia benar-benar pulih.



Asoy, Musisi Ini Tetap Bermain Gitar Saat Jalani Operasi Otak


(up/up)
News Feed