Rabu, 26 Des 2018 15:52 WIB

Beberapa Aplikasi Ini Bisa Bantu Kontrol Kesehatan Tubuh, Lho!

Nabilla Nufianty Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Semakin canggihnya teknologi di zaman sekarang membuat orang makin mudah mendapatkan berbagai kebutuhan hanya dalam satu genggaman. Salah satunya adalah memonitor kondisi kesehatan tubuh melalui aplikasi yang bisa di-install di smartphone.

Banyak developer yang membagikan aplikasi secara cuma-cuma untuk membuat seseorang tetap sehat dan memiliki gaya hidup yang sehat pula. Berikut pilihan aplikasi yang bisa diunduh untuk memonitor kesehatan.

Google Fit

Aplikasi resmi dari Google ini membantu menjaga kesehatan dengan cara yang sangat mudah. Adapun fungsi aplikasi ini antara lain memberi tahu pengguna berapa banyak olahraga yang dilakukan setiap harinya hingga merekam berapa langkah kaki yang ditempuh, lengkap dengan kecepatan geraknya.


Melalui aplikasi ini, pengguna bisa menargetkan langkah kaki yang dihubungkan dengan akumulasi waktu, jarak, serta kalori yang dibakar. Hasilnya, tubuh bisa tetap aktif dan sehat.

iCare Health Monitor

Aplikasi kesehatan ini bisa mendeteksi tekanan darah dan denyut jantung menggunakan sensor kamera. Cukup sentuh kamera dengan jari, iCare Health Monitor akan mendeteksi apakah jantung penggunanya sehat atau tidak.

Tak hanya itu, lewat aplikasi ini penggunanya bisa menjadwalkan latihan untuk mengurangi berat badan. iCare Health Monitor menyediakan panduan olahraga ringan. Misalnya latihan untuk membentuk otot yang juga dilengkapi dengan pengaturan durasi waktunya.


Lifesum

Anda yang sedang diet, tapi belum sepenuhnya berkomitmen mengatur asupan harian? Coba unduh aplikasi Lifesum Calorie Counter, Food & Nutrition Tracker. Aplikasi ini bisa menghitung asupan harian yang bisa diatur untuk menjaga berat badan, baik mengurangi atau menambah bobot.

Setelah mengisi data diri seperti tinggi badan, berat badan, dan jenis kelamin, Lifesum akan menentukan jenis diet apa yang cocok. Setelahnya, Lifesum akan memberikan daftar standar asupan yang sesuai. Mulai dari menu sarapan, makan siang, makan malam, camilan, hingga latihan fisik apa yang harus dilakukan. (prf/up)