Rabu, 02 Jan 2019 18:12 WIB

7 Manfaat Lemon yang Jarang Diketahui

Niken Widya Yunita - detikHealth
7 Manfaat Lemon yang Jarang Diketahui/Foto: iStock
Jakarta - Jeruk lemon kaya akan vitamin C dan serat. Banyak manfaat jeruk lemon yang jarang diketahui orang.

Lemon bukan hanya buah yang sangat sehat. Namun memiliki rasa dan aroma wangi. Sudah pasti hal ini menjadi nilai plus untuk makanan dan minuman.

Berikut 7 manfaat lemon yang jarang diketahui orang dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Bukan hanya vitamin C yang dianggap baik untuk jantung. Senyawa serat dan tanaman dalam lemon juga dapat secara signifikan menurunkan beberapa faktor risiko penyakit jantung.

Sebagai contoh, satu studi menemukan bahwa makan serat dari lemon mengurangi kadar kolesterol darah total setelah 4 minggu. Bahan kimia tanaman yang ditemukan dalam lemon, yaitu hesperidin dan diosmin, juga telah terbukti menurunkan kolesterol.

2. Mengontrol Berat Badan

Lemon sering disebut sebagai makanan penurun berat badan. Ada beberapa teori akan hal itu.
Pertama, serat pektin atau zat bermolekul berat yang terdapat di dalam buah matang, yang larut di dalamnya mengembang di perut. Karena itu lemon membantu membuat kenyang lebih lama.

Teori kedua mengklaim bahwa minum air panas dengan lemon akan membantu menurunkan berat badan.


3. Cegah Batu Ginjal

Setengah cangkir jus lemon per hari dapat memberikan asam sitrat yang cukup untuk membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Beberapa penelitian juga menemukan bahwa lemon efektif mencegah batu ginjal.

4. Lindungi Terhadap Anemia

Jeruk lemon mengandung zat besi. Tetapi utamanya membantu mencegah anemia dengan meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan nabati.

5. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa tanaman yang ditemukan dalam lemon, seperti limonene dan naringenin, dapat memiliki efek anti kanker. Namun hipotesis ini juga perlu diselidiki lebih lanjut.

6. Detox Tubuh

Minum air lemon setiap pagi saat lambung masih kosong dapat membantu tubuh melakukan detoksifikasi sebelum proses tubuh lainnya bekerja. Lakukan ini secara rutin karena hasilnya dapat dirasakan dalam jangka panjang.

7. Cerahkan Muka

khasiat jeruk lemon untuk wajah kusam yaitu mencerahkan muka. Vitamin C sangat tinggi dalam lemon akan mengangkat sel-sel kulit mati sehingga kulit akan terlihat jauh lebih cerah.

Caranya sangat mudah, yakni buat jus lemon dengan membelahnya terlebih dahulu kemudian diperas. Kemudian tambahkan 2 sendok teh madu ke dalam lemon dan aduk sampai rata. Madu akan menghaluskan kulit, tetapi bisa juga diganti dengan air ataupun air mawar jika bahan tersebut belum tersedia.

Oleskan campuran lemon dan madu tersebut ke seluruh bagian wajah, diamkan 15 menit lalu bilas. Untuk hasil terbaik, lakukan hal ini 1 kali seminggu.

Jadi sudah siap untuk mencoba?



(nwy/up)