Kamis, 03 Jan 2019 11:03 WIB

5 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh

Niken Widya Yunita - detikHealth
5 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh/Foto: iStock 5 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh/Foto: iStock
Jakarta - Kalau lagi sakit gigi rasanya nggak enak banget kan? Ada beberapa obat sakit gigi alami untuk mengatasi sakit gigi.

Memang penting untuk mencari tahu apa yang menjadi masalah pada gigi kita. Bisa karena gigi sensitif, gigi bungsu yang harus dicabut, dan gusi berdarah. Kemudian kita bisa menentukan cara terbaik untuk menghilangkan rasa yang membuat tidak nyaman.

Kumur dengan air garam secara teratur dan kompres pipi dengan air dingin biasanya dapat menyembuhkan iritasi ringan. Namun sakit gigi yang lebih serius memerlukan penanganan lebih lanjut dari dokter gigi.

Jika gejala masih bertahan lebih dari satu atau dua hari, kunjungi dokter gigi. Mereka dapat memberikan panduan tentang bagaimana meringankan gejala dan mencegah rasa sakit.

Berikut 5 obat sakit gigi alami paling ampuh dilansir healthline. Jangan lupa, konsultasikan dulu dengan dokter gigi sebelum menggunakan cara di bawah ini. Terus membaca sampai bawah ya.



1. Air Garam

Bagi banyak orang, bilas dengan air garam adalah pengobatan pertama yang efektif. Air garam adalah desinfektan alami dan dapat membantu melonggarkan sisa makanan yang tersangkut di antara gigi. Mengobati sakit gigi dengan air garam juga dapat membantu mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka mulut.

Untuk melakukan ini, campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat dan gunakan sebagai obat kumur.

2. Kompres Dingin

Kompres air dingin untuk menghilangkan rasa sakit yang dialami. Ketika mengompres dengan air dingin, pembuluh darah di daerah itu akan mengerut. Ini membuat rasa sakit tidak terlalu parah.

Untuk mengompres dengan air dingin, pegang kantong es yang dibungkus handuk ke tempat yang terkena sakit gigi selama 20 menit. Ulangi setiap beberapa jam.

3. Bawang Putih

 5 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh 5 Obat Sakit Gigi Alami Paling Ampuh/Foto: iStock

Selama ribuan tahun, bawang putih telah dikenal dan digunakan karena berkhasiat mengobati sakit gigi. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya yang menyebabkan plak gigi, tetapi juga dapat meredakan nyeri.

Untuk menggunakan ini, hancurkan bawang putih dan oleskan di sekitar gigi yang sakit. Tambahkan sedikit garam atau bisa juga perlahan mengunyah satu siung bawang putih segar.

4. Ekstrak Vanila

Ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Sifat antioksidannya terbukti menyembuhkan sakit gigi. Untuk menggunakan ini, oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau kapas. Tempelkan langsung ke area yang terkena beberapa kali sehari.

5. Cengkeh

Cengkeh telah digunakan untuk mengobati sakit gigi. Gunakan minyak cengkehnya karena secara efektif dapat menghilangkan rasa sakit dan mengurangi peradangan. Minyak cengkeh mengandung eugenol yang merupakan antiseptik alami.

Untuk menggunakan pengobatan ini, oleskan sedikit minyak cengkeh ke kapas dan oleskan di daerah yang terkena sakit gigi. Encerkan minyak cengkeh dengan beberapa tetes minyak zaitun atau air. Lakukan ini beberapa kali sehari. Bisa juga tambahkan setetes minyak cengkeh ke dalam segelas kecil air dan kumurlah.

Bye-bye sakit gigi!



(nwy/up)