Kamis, 03 Jan 2019 18:24 WIB

Mengharukan, Bayi Tabung Ini Lahir dari Iuran Grup Facebook

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Bayi tabung ini 'lahir' berkat iuran grup Facebook. Foto: Leon Neal/Getty Images
Jakarta - Sekumpulan ibu-ibu dalam grup Facebook bernama May Babies 2016, sebuah grup yang didedikasikan untuk para ibu yang melahirkan pada waktu yang sama (bulan Mei 2016), secara diam-diam membantu Marisha Chaplin menggalang dana untuk bisa menjalani program bayi tabung.

Walaupun belum pernah berjumpa satu sama lain, para anggota berhasil mengumpulkan dua ribu poundsterling atau setara dengan 36 juta rupiah. Lalu mereka mengejutkan pasangan tersebut dengan membuatkan video lewat Facebook Live.

Marisha Chaplin mengidap kanker ovarium pada tahun 2007 dan disebut akan kesulitan untuk memiliki anak. Ia mengaku merasa terharu atas bantuan mereka. Mereka menjalani program bayi tabung dan berhasil melahirkan putri kedua mereka, Isla.

"Aku diberitahu indung telurku takkan berfungsi lagi saat berusia 23 tahun nanti. Ahli ginekolog yang menanganiku memberitahukan bahwa lebih baik aku mencoba hamil secepatnya jika aku ingin punya anak," kata Marisha, dikutip dari BBC.


Ia dan Jon Hibbs, suaminya, mencoba untuk program bayi tabung dan mendonorkan telurnya saat ia menginjak usai 23 tahun. Lahirlah putri pertama mereka, Evie, di tahun 2016. Akan tetapi, untuk bisa memiliki anak kedua, mereka tak memiliki cukup biaya.

Begitu Isla lahir, ia langsung mengabari para ibu di grup dengan rasa terima kasih dan sangat bersyukur pada semua yang telah mendonasikan uang mereka untuk membantu. Terlebih lagi, mereka menggunakan sisa embrio dari program bayi tabung mereka yang pertama, yang berarti Evie dan Isla benar-benar saudara kandung.

"Benar-benar luar biasa. Ternyata lebih baik dari yang pernah kami bayangkan dan tak pernah berpikir bakal sampai ke titik ini. Kami tak pernah berpikir bahwa kami punya kesempatan untuk memiliki 'si mungil' lainnya dan faktanya saat dia berada di sini, terasa tidak nyata," tandas Marisha.

(frp/up)