Jumat, 04 Jan 2019 14:58 WIB

Torro Margens Disebut Sakit Infeksi Lambung, Penyakit Apakah Itu?

Firdaus Anwar - detikHealth
Situasi rumah duka Torro Margens. (Foto: Syahdan Alamsyah/detikFoto)
Jakarta - Aktor senior Torro Margens dilaporkan meninggal dunia pada Jumat (4/1) dini hari di usia 68 tahun. Menurut anaknya, Toma Margens, sang aktor meninggal setelah menderita penyakit infeksi lambung selama beberapa hari.

"Kata dokter lambung, infeksi lambung katanya," ungkap Toma seperti dikutip dari detikHot.

"Sakitnya baru ketahuan kemarin pas syuting itu. Sebelumnya nggak pernah ada keluhan. Dia mah kuat banget, masih syuting terus," kenang sang anak.



Infeksi lambung sendiri sesuai namanya adalah kondisi di mana lambung mengalami infeksi oleh virus, fungi, atau bakteri biasanya karena mengonsumsi makanan atau minuman yang terkontaminasi. Saat itu dinding lambung yang terinfeksi bisa meradang (gastroenteritis).

Pakar kesehatan pencernaan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, dari RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) pernah menjelaskan bahwa orang yang mengalami gastrotenteritis bisa menunjukkan gejala mulai dari mual, muntah, diare, hingga demam bila infeksi sudah menyebar masuk ke dalam darah.

Hal yang berbahaya dari gastroenteritis adalah ketika pasien mengalami dehidrasi karena diare. Bagi balita dan lansia hal tersebut terbukti dapat berakibat fatal berujung kematian.

"Kekurangan cairan bisa fatal menyebabkan kematian. Jadi terlambat memberikan oral hydration," kata dr Ari beberapa waktu lalu.

(fds/up)