Minggu, 06 Jan 2019 18:12 WIB

Orchard Road Singapura Resmi Bebas Produk dan Asap Rokok

Rosmha Widiyani - detikHealth
Singapura dikenal sangat ketat mengatur rokok (Masaul/detikTravel) Singapura dikenal sangat ketat mengatur rokok (Masaul/detikTravel)
Jakarta - Kawasan wisata Orchard Road, Singapura resmi menjadi kawasan bebas asap dan produk rokok, sejak Selasa (01/01/2019). Berdasar aturan National Environment Agency (NEA), daerah ini tak mengizinkan produk rokok dan produk turunannya masuk dalam daerah wisata.

Aturan ini bahkan tak menyisakan pojok untuk merokok di restoran atau food court. Tempat hiburan malam yang ingin menyediakan ruang untuk merokok, harus dengan seizin pemerintah Singapura. Bagi pengunjung yang tetap ingin merokok, Orchard Road menyediakan 40 lokasi khusus yang terpisah.



Dikutip dari Straits Times, jarak antara lokasi tersebut 100-200 meter. Pemerintah Singapura memasukkan lokasi tersebut dalam brosur yang menjelaskan seputar kawasan Orchard Road. Pengunjung yang telah sering datang ke Orchard Road tidak akan kesulitan menemukan lokasi untuk merokok.

Sebagai sosialisasi aturan, pemerintah Singapura hanya akan menegur pengunjung yang ketahuan membawa, menyalakan, atau menghisap rokok dan produk turunannnya. Namun sosialisasi hanya akan berlangsung hingga Maret 2019, selanjutnya Singapura akan menindak tegas pengunjung yang melakukan pelanggaran. Salah satu sanksinya adalah denda hingga 1.000 Dolar Singpura yang setara Rp 11 juta.

Untuk menegakkan aturan, pemerintah Singapura memasang lebih banyak kamera pengintai dan petugas NEA. Brosur dan relawan yang mengingatkan larangan rokok juga disebar di seluruh Singapura. Sebelumnya, aturan ini aturan ini telah digagas NEA bersama Orchard Road Business Association (ORBA), pemerintah, dan seluruh komponen pendukung di Orchard Road seja 2015.

(up/up)
News Feed