Senin, 07 Jan 2019 13:59 WIB

Benarkah Minum Air Kelapa Bisa Menetralkan Racun?

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Air kelapa sering kali dianggap masyarakat sebagai penyembuh ketika seseorang keracunan atau terkena alergi makanan. Namun benarkah air kelapa bisa menetralkan racun?

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi mengungkapkan belum ada penelitian ilmiah mengenai air kelapa dapat menetralkan racun.

"Namun ada kepercayaan turun temurun mengenai hal ini," ungkap dr. Helmin kepada detikHealth, Senin (7/1/2019).



Faktanya, air kelapa mengandung jumlah elektrolit yang lebih banyak dari air putih sehingga bisa mempercepat pemulihan diare dan membuat perut terasa lebih nyaman. Jadi, menurutnya, air kelapa tidak bisa dikatakan berfungsi menetralkan racun secara langsung.

Walaupun demikian, dr. Helmin menjelaskan bahwa air kelapa memiliki kandungan yang baik bagi tubuh. Mulai dari vitamin C dan beberapa jenis vitamin B seperti niacin, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, hingga thiamine.

"Air kelapa juga mengandung karbohidrat dan elektrolit yang sama dengan cairan tubuh (kandungan karbohirat 6-8%). Kandungan tersebut berfungsi memenuhi kebutuhan karbohidrat sekaligus meningkatkan absorpsi cairan untuk kebutuhan harian," jelasnya.



Selain itu, air kelapa mengandung mineral seperti natrium, kalium, calcium, magnesium, besi, copper, phosphor, sulfur, dan chlorine. Sehingga seseorang diperbolehkan jika ingin mengonsumsi air kelapa setiap hari.

"Boleh saja asalkan (porsi) secukupnya, satu sampai tiga kali sehari masih wajar karena apapun yang berlebihan tidak baik bagi tubuh," katanya.

Badan Pangan dan Pertanian PBB (FAO) juga mengungkapkan bahwa air kelapa memiliki banyak manfaat. Salah satunya, air kelapa dinyatakan sebagai minuman rehidrasi alami yang direkomendasikan untuk atletik karena mengandung nutrisi karbohidrat, asam amino, vitamin, dan ion yang dapat memberikan energi.

Untuk mendapatkan manfaat air kelapa secara praktis, konsumsi Hydro Coco yang dibuat dari air kelapa asli serta dibuat tanpa pemanis dan pengawet buatan. (mul/mpr)
News Feed