Selasa, 08 Jan 2019 14:00 WIB

Anak Tanya '80 Juta Bisa Buat Apa', Bagaimana Sebaiknya Ortu Menjawab?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Anak-anak punya rasa penasaran yang tinggi (Foto: shutterstock) Anak-anak punya rasa penasaran yang tinggi (Foto: shutterstock)
Topik Hangat Lelucon Berbau Seks
Jakarta - Belakangan ini ramai cuitan '80 juta bisa buat apa?' terkait prostitusi online artis melibatkan artis ibukota berinisial VA. Informasi ini pun ramai beredar juga di media sosial (medsos), di mana anak-anak dan remaja juga bisa mengaksesnya.

Menurut psikolog dari Universitas Indonesia, Laras Sekarasih, PhD, cuitan '80 juta bisa buat apa?' dapat dijadikan momen memberikan pengetahuan sekaligus mengedukasi anak-anak mengenai pendidikan seksual sejak dini.

"Saya malah melihatnya sebagai teachable moment buat orang tua dan guru, 80 juta bisa buat apa saja sih? Ini bisa jadi teachable moment, berdialog mengani keuangan pribadi, dapat 80 juta gimana ya?" katanya kepada detikHealth saat ditemui di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan, Selasa (8/1/2019).



Psikolog yang akrab disapa Cika itu menambahkan, orang tua tidak perlu panik saat anak mengetahui informasi mengenai protitusi online artis atau mengenai pengetahuan seksual. Cika menyarankan untuk membicarakannya dengan baik dan tenang.

"Memang harus hati-hati dalam membicarakannya, tapi itu tetap teacheable moment. Anak ngomongin itu ya sama orang tuanya biar tahu juga pola pikirnya gimana," lanjutnya.

Pentingnya pendidikan seksual sejak dini dapat membuat anak-anak dan remaja bisa menghindari konten-konten negatif, khususnya yang beredar di medsos. Tentunya, mereka juga akan bisa lebih bijak dalam bermedsos.

(wdw/up)
Topik Hangat Lelucon Berbau Seks
News Feed