Selasa, 08 Jan 2019 15:02 WIB

'80 Juta' dan Prostitusi Artis Jadi Bahan Bercanda, Sehat Nggak Sih?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Prostitusi artis tengah jadi bahan bercandaan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda) Prostitusi artis tengah jadi bahan bercandaan (Foto: Hilda Meilisa Rinanda)
Topik Hangat Lelucon Berbau Seks
Jakarta -
Kasus prostitusi online artis baru-baru ini menyeret sejumlah nama artis. Dua artis, VA dan AS bahkan sempat ditangkap Mapolda Jatim terkait kasus tersebut dan masih berstatus sebagai saksi.

Namun, bercandaan mengenai isu tersebut masih terus berlangsung. Nominal '80 juta' paling banyak dibikin meme, salah satunya disertai komentar 'kemahalan'. Ada juga lelucon versi 'menjemput rezeki' yang ditulis VA sebelum ditangkap polisi.

Laurentius Sandi Witarso, MPsi, Psikolog dari Personal Growth, menuturkan kepada detikHealth bahwa sebagai manusia sudah sepatutnya mengedepankan rasa kemanusiaan. Tidak seharusnya menertawakan orang yang tengah tertimpa bencana.

"Definisi bencana secara umum adalah kondisi yang menyebabkan seseorang menjadi kesusahan atau kerugian. Sepatutnya sebagai sesama manusia maka perlu mengedepankan rasa kemanusiaan, setidaknya cukup dengan berempati bagi orang yang sedang tertimpa bencana," kata Sandi.



"Bercanda terhadap orang yang sedang mengalami musibah itu tidak menunjukkan sisi kemanusiaan kita, apalagi jika dilakukan secara berlebihan. Langkah yang tepat jika ingin membalas adalah dengan memberikan komentar yang positif, dan tidak membuat komentar menjadi lebih gaduh," tambahnya.

Nah, alangkah lebih baik untuk menuliskan komentar yang tidak memancing kegaduhan. Jangan terpancing netizen-netizen lain yang menuliskan komentar dengan nada penuh penghakiman atau menyakitkan hati yang membacanya.

(ask/up)
Topik Hangat Lelucon Berbau Seks
News Feed