Rabu, 09 Jan 2019 17:33 WIB

8 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami

Niken Widya Yunita - detikHealth
8 cara menghilangkan jerawat aktif/Foto: iStock 8 cara menghilangkan jerawat aktif/Foto: iStock
Jakarta - Hampir semua orang ingin memiliki wajah yang mulus. Kalau ada, jerawat langsung segera ingin dihilangkan dengan bahan alami.

Jerawat terkadang membuat kita menjadi frustasi. Apalagi jerawat batu yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi bopeng. Kalau dengan bahan-bahan kimia, perawatan untuk menghilangkan jerawat dapat menimbulkan efek samping seperti iritasi kulit dan kekeringan.

Berikut ini 8 cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dengan cepat dilansir dari healthline.



1. Teh Hijau

Banyak orang minum teh hijau untuk manfaat kesehatannya. Tetapi ternyata teh hijau bisa membantu menghilangkan jerawat.

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang dikenal membantu melawan peradangan dan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat. Kita bisa membuat sendiri cara menggunakan teh hijau untuk menghilangkan jerawat di rumah.

Caranya, seduh teh hijau dalam air mendidih selama 3-4 menit. Biarkan teh menjadi dingin. Oleskan ke wajah dengan kapas atau semprotkan menggunakan botol semprot. Biarkan selama 10 menit atau semalam, dan kemudian bilas wajah dengan air. Oleskan 1-2 kali per hari sesuai kebutuhan.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi adalah pilihan yang baik jika Anda memiliki jerawat besar. Cara ini juga efektif karena pasta gigi mengandung silika untuk menjaga kelembaban.

Pasta gigi telah diketahui dapat mengering dan mengurangi ukuran jerawat di malam hari. Cukup oleskan beberapa ke daerah yang terkena sebelum tidur dan bilas di pagi hari.

3. Madu

Madu dapat membantu menghilangkan kotoran dari kulit. Madu juga merupakan antibiotik alami yang dapat menyembuhkan dan mengurangi jerawat.

Kekenyalan pada madu membantu menghilangkan kotoran dari kulit. Madu juga bisa dimanfaatkan untuk masker.

Cara penggunaan madu untuk jerawat yakniu campur dua sendok madu dengan satu sendok teh kayu manis. Kemudian biarkan sampai kering hingga semalaman.

4. Bawang Putih

Bawang putih sangat baik untuk menghilangkan jerawat karena antioksidannya yang tinggi, serta sifatnya anti-bakteri, anti-jamur, dan anti-virus. Ada dua cara kita bisa menggunakan bawang putih untuk menghilangkan jerawat.

Pertama dengan memakan bawang putih. Kedua, dengan mengambil satu siung bawang putih yang sudah dikupas dan gosokkan pada muka yang berjerawat beberapa kali sehari. Jika kulit sensitif, coba hancurkan bawang putih dan campur dengan air.



5. Mentimun

Mentimun berfungsi sebagai anti-inflamasi. Buah itu bekerja dengan baik untuk menghilangkan jerawat. Kita dapat membuat masker wajah mentimun dengan potong-potong mentimun dan blender. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya segar. Campur 1/2 sendok teh jus lemon segar dan oleskan campuran tersebut pada kulit dan biarkan selama 10-15 menit. Bilas dengan air hangat.

6. Putih Telur

Putih telur efektif menghilangkan jerawat dan bekas luka. Mereka mengandung vitamin dan asam amino yang membantu membangun kembali sel-sel kulit.

Cara membuat masker putih telur yakni pisahkan 3 putih telur dari kuningnya. Kocok putih telur selama 3 menit. Oleskan putih telur ke bagian yang ada jerawatnya. Tunggu putih telur mengering dan ulangi seluruh proses sampai 4 kali. Biarkan masker di wajah selama 20 menit. Bilas masker dan oleskan pelembab kulit sesudahnya.

7. Baking Soda

Baking soda adalah obat alami yang terkenal untuk jerawat. Sifat antiseptiknya efektif menghancurkan bakteri pada jerawat. Selain itu, baking soda merangsang pertumbuhan sel-sel kulit baru.

Cara membuat masker baking soda yakni campurkan soda kue dan air dalam porsi yang sama. Oleskan pasta pada kulit selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

8. Lemon

Lemon efektif untuk menghilangkan jerawat. Astrigent alami yang terkandung dalam lemon dapat membantu mengurangi minyak di wajah. Jika ingin menggunakan lemon untuk jerawat, campurkan lemon dengan bahan lain untuk mengurangi efek samping seperti madu, air mawar, yoghurt, ataupun oatmeal. Jangan gunakan lemon untuk wajah terlalu sering. Hentikan pemakaian jika ada iritasi atau ruam. (nwy/up)
News Feed
Layar Pemilu Terperc
×
Layar Pemilu Terpercaya
Layar Pemilu Terpercaya Selengkapnya