Kamis, 10 Jan 2019 08:12 WIB

Dear Karyawan Kantoran, Ini Penyebab Sulit Konsentrasi Saat Kerja

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Pekerjaan di kantor seringkali berantakan karena sulit berkonsentrasi. Tugas pun semakin menumpuk karena ada kesalahan yang dilakukan lantaran tidak fokus saat menyelesaikannya.

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan penyebab sulit berkonsentrasi saat bekerja bisa dipengaruhi banyak hal. Berikut tiga penyebab sulit berkonsentrasi saat bekerja yang sering dialami karyawan kantoran.

Kurang Tidur

Bagi orang dewasa, tidur yang cukup berkisar antara 6 hingga 8 jam sehari. Jika waktu tidur tidak cukup, otak akan mengalami kelelahan. Hal inilah yang akan memengaruhi fungsi otak secara keseluruhan, termasuk proses berpikir dan konsentrasi.

Tidak Sarapan

Masih banyak orang yang melewatkan sarapan karena tak sempat, tak lapar, maupun sedang diet. Faktanya, sarapan adalah kegiatan penting untuk mendapatkan sumber energi demi menjalani aktivitas sehari-hari.

"Saat tidur kita tidak mendapat asupan makanan selama setidaknya 8 jam sehingga pagi hari perlu sarapan untuk mengisi kembali nutrisi yang dibutuhkan untuk aktivitas pagi hari. Jika tidak sarapan, otak tidak mendapat nutrisi untuk digunakan melakukan aktivitas otak (energi otak tidak ada) sehingga tidak bisa berpikir dengan baik dan konsentrasi," ujar dr. Helmin kepada detikHealth, Rabu (9/1/2019).

Stres

Stres menjadi salah satu penyebab sulit berkonsentrasi saat bekerja. Stressor, lanjut dr. Helmin, menyebabkan kemampuan otak untuk fokus menjadi terganggu akibat gangguan neurotransmitter di otak. Sehingga terjadi gangguan pada penyampaian informasi antarsinaps di otak.

Untuk mengatasi gangguan konsentrasi, dr. Helmin mengatakan harus diketahui penyebabnya sehingga bisa diatasi dengan tepat.

"Pada karyawan kantoran biasanya gangguan konsentrasi dapat disebabkan karena kurang tidur dan stres. Sehingga diupayakan agar istirahat yang cukup dan belajar manajemen stres dengan baik untuk mencegah gangguan konsentrasi," katanya.

Cara lainnya yang bisa mengatasi sulit konsentrasi saat bekerja adalah dengan mengonsumsi multivitamin. Faktanya, sulit konsentrasi bisa disebabkan kurangnya asupan nutrisi sehari-hari.

Konsumsi Fatigon Multivitamin (kemasan putih) yang mengandung kombinasi vitamin, mineral, kalium, dan magnesium aspartat. Kandungan tersebut dapat membantu memelihara kesehatan tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Multivitamin ini juga bisa mengubah asam laktat yang menumpuk di otot menjadi energi. Sehingga rasa pegal dan otot kaku yang sering menyerang saat bekerja pun hilang. (idr/up)
News Feed