Kamis, 10 Jan 2019 08:40 WIB

Mengapa Wanita 'Kelepek-kelepek' dengan Cowok yang Jago Main Gitar?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
John Mayer. Foto: Ethan Miller/Getty Images John Mayer. Foto: Ethan Miller/Getty Images
Jakarta - Pernah tergila-gila dengan seorang pria yang jago main gitar waktu jaman sekolah dulu? Atau mungkin kamu sedang menjalin hubungan romantis dengan seorang gitaris?

Tidak heran, pria yang piawai memainkan gitar memang punya daya tarik yang kuat. Ini pun dijelaskan oleh ilmuan saraf, Paul J. Zak, yang mengerucutkan tiga hal melatarbelakangi para wanita bisa 'kelepek-kelepek' dengan gitaris pria yang ada di suatu band terkenal favoritmu. Yang pertama....

"Sulit untuk menjadi sukses (di bidang musik utamanya yang paling sulit) jadi ketika ada seseorang yang berhasil melakukannya, dia berarti lumayan pandai," kata Zak kepada MTV News.

Kedua, ketika seseorang menjadi musisi, biasanya orang tersebut terbilang orang-orang yang penuh gairah. Pria yang lebih menunjukkan semangatnya terlihat akan lebih menarik di mata orang lain.


Yang terakhir, mungkin sudah bisa ditebak. Ini semua tentang hormon.

"Dalam profesi apapun di mana kamu menjadi pusat perhatian, jika kamu berada di atas panggung dan orang-orang mendukungmu, otak berpikir kamu adalah seorang laki-laki yang lebih dibanding laki-laki lainnya," kata Zak.

"Kami telah melakukan eksperimen di mana kami memberikan testosteron ekstra untuk pria dan mereka menjadi lebih egois, lebih merasa berhak (dilakukan spesial), lebih banyak tentang 'aku'-- yang bisa jadi sangat menarik bagi wanita," tambah Zak.

Zak juga mencatat bahwa wanita cenderung menyukai kadar testosteron yang lebih tinggi ketika mereka sedang berovulasi.



Ada suka 'kelepek-kelepek' juga lihat cowok jago main gitar? (ask/up)