Kamis, 10 Jan 2019 18:51 WIB

Heboh Kondom Palsu, Seperti Apa?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Kondom yang palsu memiliki risiko kesehatan seperti infeksi bakteri dan jamur. (Foto: istock) Kondom yang palsu memiliki risiko kesehatan seperti infeksi bakteri dan jamur. (Foto: istock)
Jakarta - Baru-baru ini, polisi Cina Timur menemukan sejumlah kondom palsu. Jumlah yang ditemukan pun cukup fantastis, yaitu sekitar 500 ribu kondom palsu dengan total 50 juta Yuan atau setara dengan Rp 103 miliar.

Dikutip dari Men's Health, kondom palsu ini merambah ke merk dagang yang terkenal dipasaran internasional. Mereka menjualnya ke berbagai supermarket, hotel, dan mesin penjual otomatis.

"Kami menemukan bengkel di mana tersangka membuat kondom palsu itu di daerah Henan dan Hebei. Kondisi higienis di kota itu sangat buruk, kami kondom yang mereka buat dengan minyak silikon dalam sebuah ember," kata Zheng Xidan, seorang polisi Cangnan.



Menurut polisi dalam sebuah laporan South China Morning Post, kondom palsu itu mengancam kesehatan masyarakat, karena terbuat dari bahan berbahaya. Kondom yang berkualitas buruk memiliki risiko kesehatan seperti terinfeksi bakteri dan jamur yang berlebihan.

Chen He, seorang manajer salah satu produsen kondom ternama mengatakan pembuatan kondom harusnya dibuat oleh perangkat medis yang melibatkan sterilisasi.

"Tetapi di bengkel-bengkel ilegal itu, yang seringkali sangat kotor, tidak mungkin mereka memiliki metode yang tepat untuk mengendalikan tingkat bakteri dan jamur atau menguji lubang," jelas Chen.

(wdw/up)
News Feed