Jumat, 11 Jan 2019 12:00 WIB

DBD Mewabah di Beberapa Daerah, Jakarta Belum Ada Lonjakan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Laboratorium Nyamuk Wolbachia di Monash University (Foto: AN Uyung P/detikHealth) Laboratorium Nyamuk Wolbachia di Monash University (Foto: AN Uyung P/detikHealth)
Jakarta - Curah hujan yang tidak merata belakangan ini menyebabkan genangan hingga menjadi sarang nyamuk penyebab DBD (Demam Berdarah Dengue) yakni Aedes aegypti. Sejumlah daerah di Indonesia mengalami Kejadian Luar Biasa (KLB). Bahkan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), terdapat 5 orang pasien demam berdarah yang meninggal dunia.

Di wilayah DKI Jakarta, kasus demam berdarah sampai saat ini belum ada peningkatan yang signifikan. Meski demikian, antisipasi terus dilakukan.



"Belum ada peningkatan. Antisipasi di Puskesmas dengan gerakan ke masyarakat. Sampai sekarang sih belum ada lonjakan," kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Khafifah Any, saat dihubungi oleh detikHealth, Jumat (11/1/2019).

Any, sapaannya, melanjutkan jika terjadi Kejadian Luar Biasa (KLB) maka pemerintah pusat akan turun tangan untuk menangani wabah tersebut. Kebijakan akan diberikan kepada pemerintah daerah untuk meminimalisir penyebaran penyakit.

"Kalau KLB, pasti pemerintah yang turun tangan. Kalau nggak KLB, pakai kebijakan. Kalau sekarang belum ada kebijakan, masih berupa antisipasi," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed