Jumat, 11 Jan 2019 18:03 WIB

Benarkah Tertawa Bisa Bantu Tubuh Terhindar Serangan Flu?

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: shutterstock Foto: shutterstock
Jakarta - Sudahkah tertawa hari ini? Faktanya, tertawa tak hanya membuat mood menjadi lebih baik tetapi juga bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan tertawa bisa mencegah seseorang terkena flu.



Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan sebenarnya tertawa tidak bisa dikaitkan secara langsung dengan pencegahan flu. Namun rasa bahagia saat tertawa, bisa membuat sistem kekebalan tubuh meningkat.

"Sistem kekebalan tubuh merespons sinyal dari banyak sistem lain dalam tubuh, terutama sistem saraf dan sistem endokrin. Jadi saat suasana hati gembira dan persarafan sedang relaks akan membantu daya tahan tubuh," paparnya kepada detikHealth, Jumat (11/1/2019).



dr. Helmin menjelaskan daya tahan tubuh yang kuat itulah yang dapat mencegah serangan flu.

"Penyebab orang sakit flu dipengaruhi banyak hal. Selain daya tahan tubuh, (flu) juga dipengaruhi faktor lain seperti virusnya sendiri dan kondisi lingkungan," katanya.

Jika sudah terkena flu, dr. Helmin menyarankan agar segera diatasi dengan cepat dan tepat. Salah satunya dengan mengonsumsi Mixagrip Flu yang mampu meringankan gejala-gejala flu seperti demam, bersin-bersin, hidung tersumbat, dan sakit kepala secara efektif. (mul/ega)
News Feed