Selasa, 15 Jan 2019 20:23 WIB

Komika Gebi Ramadhan Meninggal karena Kanker Hati, Kenali Faktor Risikonya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi kanker yang mengakibatkan komika Gebi Ramadhan meninggal. Foto: thinkstock
Jakarta - Kabar duka datang dari dunia komedi Tanah Air. Komika Gebi Ramadhan yang terakhir juga turut bermain dalam film 'Milly & Mamet' meninggal dunia. Stand Up Comedian asal Banten ini telah lama berjuang melawan kanker hati. Kabar duka ini disampaikan komika Ernest Prakasa. Gebi mengembuskan napas terakhir hari ini, Selasa (15/1).

"Di tengah perjuangannya berperang melawan kanker hati, @GebiRamadhan menyanggupi ajakan gue untuk main di @millymametmovie. Sekarang Gebi udah pergi. Selamat jalan, Geb. Kita semua sayang sama lo," tulis Ernest di Twitter-nya dikutip dari detikHot.


Kanker hati adalah penyakit yang lebih umum terjadi pada pria dibanding wanita. Dikutip dari situs Cancer Treatment Centers for America, peluang pria terkena kanker hati adalah 1:81, sedangkan pada wanita adalah 1:196. Namun angka ini bisa berubah seiring gaya hidup perempuan yang hampir sama dengan laki-laki. Misal kerap mengonsumsi alkohol yang meningkatkan risiko terkena kanker hati.

Faktor risiko lain adalah diabetes dan penyakit hepatitis B serta C. Risiko kanker hati lebih besar pada pasien dengan penyakit tersebut daripada yang tidak. Diabetes dan hepatitis biasanya terkait dengan penerapan pola hidup yang tidak ramah kesehatan misal kurang olahraga, jarang konsumsi buah serta sayur, dan asal makan.

Kanker hati dikenal sebagai silent killer karena tidak menunjukkan gejala di tahap awal serangan. Karena itu bila memiliki faktor risiko yang telah disebutkan, sangat disarankan segera berkonsultasi dan mengubah gaya hidup menjadi lebih baik.

(up/up)