Rabu, 16 Jan 2019 08:01 WIB

Kenali Gejala Kanker Hati Penyebab Komika Gebi Ramadhan Meninggal

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Gejala awal yang sulit dideteksi menyebabkan kanker hati mematikan. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Komika Gebi Ramadhan meninggal setelah berjuang melawan penyakit kanker hati yang diidapnya. Bahkan, selama menjalani pengobatan, Gebi masih sempat mengambil peran dalam film 'Milly & Mamet'.

Kanker hati merupakan jenis kanker yang ditakuti oleh kebanyakan orang. Sebab, seringkali gejala awalnya tidak terdeteksi atau tidak muncul sampai kankernya mencapai stadium lanjut.

Dikutip dari Verywell Health, pada beberapa kasus, kanker hati disamakan dengan hepatitis sebab salah satu gejalanya adalah warna kulit yang berubah menjadi kekuningan.

"Kanker hati juga biasanya mempengaruhi hormon yang bisa menyebabkan gejala tambahan. Termasuk didalamnya tekanan darah rendah (hipoglikemia) yang dapat menyebabkan sakit kepala dan pingsan, pembesaran payudara, atrofi testis dan jumlah sel darah yang tinggi," demikian dikutip dari situs tersebut.



Gejala lain yang bisa diperhatikan dari kanker hati ialah:
- Berat badan turun drastis
- Nafsu makan rendah
- Cepat kenyang
- Mual dan muntah terus menerus
- Gatal-gatal
- Mudah lelah

Sebelumnya, Konsultan hematologi onkologi dari RS Dharmais, dr Marurul Aisyi, SpA (K) juga mengatakan gejala kanker ini agak sulit dideteksi, utamanya pada anak sebab letak sel kanker abnormalnya berada di hati.

"Secara umum sulit dideteksi. Kemungkinan pembesaran perut. Karena hati di perut, ada gangguan yang bisa menghambat sekresi empedu," pungkasnya kepada detikHealth, Rabu (17/10/2018).

(kna/up)