Rabu, 16 Jan 2019 09:21 WIB

Penyebab Kanker Hati Sulit Disembuhkan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Organ hati yang tidak memiliki saraf menjadikan kanker hati masih sulit dideteksi. (Foto: thinkstock) Organ hati yang tidak memiliki saraf menjadikan kanker hati masih sulit dideteksi. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kanker hati seringnya tidak memunculkan gejala awal yang berarti sehingga penanganan untuk penyakit ini bisa menjadi terhambat. Sebab, gejalanya tidak akan muncul sampai telah mencapai tingkat lanjut.

Ahli penyakit dalam, dr Rino A Gani, SpPD, KGEH, mengatakan alasan kanker hati masih sulit disembuhkan karena hati adalah organ yang tidak punya persarafan untuk merasakan segala sesuatu yang terjadi di hati.



"Umumnya tidak terasa kecuali apabila sudah sedemikian besar sehingga meregangkan jaringan pembungkus hati baru terasa karena hanya di jaringan pembungkus ini yang ada persarafan untuk merasakan," tuturnya saat dihubungi oleh detikHealth melalui pesan singkat, Rabu (16/1/2018).

dr Rino menambahkan, sel hati sehari-hari bertugas menetralisir racun atau obat yangg toksik termasuk obat kanker sehingga ketika melakukan pengobatan, tidak akan banyak pengaruhnya pada kanker dari sel hati.

"Obat kanker yang masuk ke sel hati langsung dipompakan lagi keluar sel hati jadi tidak berpengaruh pada sel hati yang sudah jadi kanker," tutupnya.

(kna/up)