Rabu, 16 Jan 2019 10:18 WIB

Kanker Hati Tak Bisa Pakai Kemoterapi, Lalu Bagaimana Mengobatinya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kanker hati belum bisa diobati dengan kemoterapi. (Foto: iStock) Kanker hati belum bisa diobati dengan kemoterapi. (Foto: iStock)
Jakarta - Proses penyembuhan pasien yang mengidap kanker salah satunya dengan kemoterapi, yakni dengan radiasi untuk menghilangkan, membunuh atau merusak sel kanker di area tertentu. Kemoterapi banyak dianggap merupakan cara yang efektif untuk mematikan kanker.

Namun berbeda dengan jenis kanker lainnya, kanker hati belum bisa diobati dengan kemoterapi.



"Kemo sampai saat ini belum bisa. Ada terapi target untuk kanker hati menggunakan obat tapi tidak menyembuhkan hanya untuk menghambat pertumbuhan kanker," ujar ahli penyakit dalam, dr Rino A Gani, SpPD, KGEH, saat dihubungi oleh detikHealth melalui pesan singkat, Rabu (16/1/2019).

dr Rino menambahkan, cara yang paling baik untuk mengobati kanker hati adalah dengan operasi yakni pemotongan bagian hati yang telah bermutasi menjadi kanker atau cangkok hati.

"Apabila tidak atau belum memungkinkan, dilakukan pembakaran kanker hati dengan radio frequency ablation atau di sumbat aliran darah ke kankernya," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed