Rabu, 16 Jan 2019 11:25 WIB

Gejala Mirip Hepatitis, Begini Membedakannya dengan Kanker Hati

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Infeksi hati kronis juga disebabkan oleh hepatitis B dan C yang merusak organ hati dan membunuh sel-sel hati. (Foto: iStock)
Jakarta - Salah satu gejala kanker hati adalah warna kulit yang berubah menjadi kekuningan. Sebab tak jarang, hepatitis yang kronis bisa menyebabkan kanker hati.

"Faktor risiko kanker hati yg paling banyak kita hadapi adalah infeksi virus hepatitis B dan C serta perlemakan hati," kata ahli penyakit dalam, dr Rino A Gani, SpPD, KGEH, saat dihubungi oleh detikHealth melalui pesan singkat, Rabu (16/1/2019).



Sampai saat ini, memang belum ada cara yang mudah untuk mendeteksi seseorang mengidap kanker hati sampai berada pada stadium lanjut. Untuk membedakan antara hepatitis dan kanker hati dibutuhkan ketelitian serta pemeriksaan lanjutan.

"Cara membedakan tidak selalu mudah karena kanker hati biasanya berkembang dari hepatitis. Cara yg paling efektif adalah dengan USG. Apabila terlihat ada benjolan pada USG maka harus segera dipastikan apakah itu kanker hati atau bukan," tambahnya.

Infeksi hati kronis juga disebabkan oleh hepatitis B dan C yang merusak organ hati dan membunuh sel-sel hati. Jika seseorang mengidap hepatitis, risiko terkena kanker hati pun akan makin tinggi.

(kna/kna)