Rabu, 16 Jan 2019 12:48 WIB

Nggak Semua Membanggakan, 10 Years Challenge Juga Bisa Bikin Minder

Firdaus Anwar - detikHealth
Potret transformasi diri yang ramai di media sosial bisa berdampak positif dan negatif. (Foto: istock) Potret transformasi diri yang ramai di media sosial bisa berdampak positif dan negatif. (Foto: istock)
Jakarta - Di media sosial ramai tren 10 years challenge di mana banyak warganet mengunggah foto-foto lamanya 10 tahun yang lalu. Kebanyakan yang menarik perhatian adalah foto di mana seseorang mengalami perubahan drastis.

Mengenai hal tersebut praktisi kebugaran sekaligus ahli gizi Jansen Ongko, MSc, RD, menyarankan agar orang-orang tidak terlalu fokus pada foto 'hasil' di tren 10 years challenge. Alasannya karena meski mungkin ada yang bisa bangga dengan transformasinya, tidak menutup kemungkinan hal tersebut membuat orang lain jadi minder.

Dampaknya masalah body image atau citra diri akan menjadi semakin kental di tengah kehidupan.


"Sebenarnya itu bagus sih dari 10 tahun kita bisa melihat sudah menjalani hidup sehat atau belum. Tapi itu juga akan menjadi pressure tersendiri karena semua diukur dari penampilan rambut, wajah, bentuk badan," kata Jansen kepada detikHealth, Rabu (16/1/2019).

"Kekurangan dari gambar before-after itu orang melihat hasilnya saja tapi prosesnya lupa. Orang dari dekil jadi cantik atau ganteng, itu kan tujuan dari 10 years challenge. Ini akan membuat perbandingan bentuk tubuh," lanjutnya.

Dikutip dari Psychology Today masalah citra diri sendiri sebetulnya dapat menjadi sumber beberapa gangguan mental. Misalnya saja orang-orang jadi terobsesi untuk memiliki tubuh kurus hingga pada titik anoreksia atau jadi kecanduan operasi bedah plastik.

Jansen menyarankan agar orang-orang mengambil positifnya saja dari tren 10 years challenge. Lihat apa yang sudah dilakukan selama 10 tahun dan lakukan apa yang bisa diperbaiki dalam gaya hidup untuk bisa jadi lebih sehat.

Kekurangan dari gambar before-after itu orang melihat hasilnya saja tapi prosesnya lupaJansen Ongko












(fds/up)
News Feed