Kamis, 17 Jan 2019 16:05 WIB

Saran Psikolog Biar Tak Minder Gara-Gara 10 Years Challenge

Rosmha Widiyani - detikHealth
Salah satu transformasi 10 Years Challenge yang bikin minder (Foto: Instagram/puspadewihc) Salah satu transformasi 10 Years Challenge yang bikin minder (Foto: Instagram/puspadewihc)
Jakarta - Tantangan 10 Years Challenge ramai diikuti akun media sosial pesohor Indonesia dan luar negeri. Tantangan yang viral ini memancing pro dan kontra di masyarakat umum.

Menanggapi hal ini, psikolog Bona Sardo dari Universitas Indonesia (UI) menyarankan mengingat kembali esensi media sosial. Akun dibuat untuk menunjukkan diri sendiri di lingkungan sosial. Hal inilah yang mengakibatkan swakamera atau selfie selalu menghias halaman media sosial.

"Media sosial adalah ajang pamer kehidupan kepada lingkungan sekitar. Yang dipamerkan bisa kehidupan saat ini, keluarga, harta atau apa saja. Karena itu tidak perlu minder atau pede bila mengikuti tantangan 10 Years Challenge. Kalaupun tidak mau ikut tak usah ambil pusing," kata Bona yang juga dosen di Fakultas Psikologi UI pada detikHealth, Rabu (16/01/2019).



Kelompok yang pro menganggap #10YearChallenge tak lebih dari lucu-lucuan. Namun yang kontra berpendapat tantangan bisa menimbulkan rasa rendah diri. Tidak semua orang punya foto dengan tampilan baik 10 tahun lalu atau sekarang. Hal ini berisiko memancing komentar miring warganet yang berisiko mengganggu kondisi psikologi.

Ingin ikut atau tidak 10 Years Challenge sepenuhnya bergantung pada tiap warganet. Bona percaya setiap orang punya alasan sendiri untuk ikut tantangan atau tidak. Dengan tantangan yang kini tengah hype, Bona menyarankan kelompok yang kontra untuk menghindari media sosial hingga tren menurun.

Menjauh sementara memungkinkan kelompok yang kontra tidak nyinyir pada yang pro. Sebaliknya yang pro juga harus menghormati mereka yang memilih tidak ikut tantangan. Saling menghormati menekan risiko konflik di media sosial karena tantangan 10 Years Challenge.



Saran Psikolog Biar Tak Minder Gara-Gara 10 Years Challenge
(up/up)