Minggu, 20 Jan 2019 08:01 WIB

Sembelit Tak Sembuh-Sembuh, Ternyata Usus Digerogoti Tumor

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jika merasa sulit saat BAB, baiknya segera periksakan diri. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria di Sri Lanka mengeluh sembelit dalam 3 bulan terakhir. Dalam sepekan ia cuma bisa buang air besar (BAB) sebanyak 3 kali, 25 persen di antaranya harus mengejan.

Disangka hanya sembelit biasa, ternyata dokter di National Hospital of Sri Lanka menemukan sesuatu yang mengejutkan dalam pemeriksaan X-Ray. Sebagian besar ususnya membesar, suatu kondisi yang oleh dokter disebut 'megacolon'.

Caecum yakni area di antara usus besar dan usus kecil membesar hingga diameter 12 cm, sedangkan normalnya hanya kurang dari 9 cm. Kondisi ini juga berpengaruh pada pergerakan usus, sehingga memicu konstipasi.



Dokter mendiagnosis pria ini mengalami multiple endocrine neoplasia type 2B (MEN2B). Dikutip dari Dailymail, kondisi ini didefinisikan sebagai tumor di kelenjar tiroid dan adrenal.

Diperkirakan 1 di antara 600.000 hingga 4 juta orang mengalaminya. Pada sebagian pengidapnya, kondisi tersebut berdampak juga pada dinding saluran pencernaan dan memicu konstipasi pada 72 persen kasus.

Untuk mengatasi kondisinya, pasien yang tidak disebutkan namanya ini menjalani operasi pengangkatan kelenjar adrenal. Kasus ini dipublikasikan di jurnal BMJ Case Reports.

(up/up)