Jumat, 25 Jan 2019 04:43 WIB

Kemasan Snack Selalu Gembung dan Isinya Sedikit, Ternyata Ini Alasannya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Snack isi angin (Foto: istock) Snack isi 'angin' (Foto: istock)
Jakarta - Kalau kamu beli camilan atau snack, kemasannya yang ada di pasaran biasanya menggembung seperti balon. Malahan, ada orang-orang yang senang banget nih buka kemasan dengan cara ditekan agar mendengar suara 'ledakan' seperti balon yang dipecahkan secara paksa.

Tapi sebenarnya apa sih 'udara' yang selama ini ada dalam snack favoritmu, dan apa fungsinya?

"Jadi mungkin sekarang banyak kecewa beli makanan, tempatnya gede tapi isinya cuma seunyil. Itu nggak bisa disalahkan karena itu bagian dari technology packaging untuk melindung produknya. Selain melindungi kontaminasi juga melindung jangan sampai rusak. Kalau keripiknya udah bubuk semua, gimana?" ujar Prof Ir Ahmad Sulaeman, MS, PhD, Guru Besar Bidang Keamanan Pangan dan Gizi, Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB) saat ditemui detikHealth.



Maka dari itu dimasukkanlah gas untuk menjaga produk makanan tersebut. Akan tetapi, gas yang digunakan adalah gas yang inert yakni gas yang tidak akan bereaksi dengan makanan. Gas yang biasanya dipilih adalah nitrogen.

"Jadi pas dikemas, masukin gas, langsung diseal untuk melindungi produk. Jadi bisa ditiduri sama kita tapi produknya enggak hancur, jadi bantal hahaha," kelakarnya sambil menyudahi perbincangan.

Hayo, siapa nih yang senang banget kagetin teman dengan suara 'ledakan' snack?



Simak Juga 'Menutup Snack Kembali Tanpa Penjepit':

[Gambas:Video 20detik]


Kemasan Snack Selalu Gembung dan Isinya Sedikit, Ternyata Ini Alasannya
(ask/up)