Jumat, 25 Jan 2019 14:00 WIB

Hati-Hati! Ada Kemungkinan Kosmetik Palsu Juga Dijual Online

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Salah satu produk sabun yang dipalsukan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikHealth) Salah satu produk sabun yang dipalsukan (Foto: Rifkianto Nugroho/detikHealth)
Jakarta - Baru-baru ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan penindakan pada empat tempat di daerah Cengkareng, yang dicurigai sebagai fasilitas dari pembuatan obat ilegal dan pemalsuan dari brand-brand kosmetik ternama. Sebut saja merk kosmetik Kylie, Pond's, Citra, dan juga sabun cuci muka seperti RDL.

BPOM pun tidak menutup kemungkinan produk ini tersebar secara online, namun hingga kini masih dalam tahap tindak lanjut dari penemuan yang telah didapatkan sekarang.

"Kami akan bekerjasama dengan pihak kepolisian bagian cyberpatrol untuk menelesuri kemungkinan produk ini tersebar bebas di pasar online. Kami akan pantau market place yang menjual kosmetik," kata Penny K Lukito, Kepala BPOM dalam konferensi pers pada Jumat (25/1/2019).



"Itu bisa dikaitkan, produknya akan dicek untuk memeriksa kebenarannya. Soalnya banyak juga kosmetik yang dijual online tidak memilki izin edar dan ini ada kaitannya dengan ini, menerima suplai dari fasilitas-fasilitas yang ada," tambahnya.

Untuk sekarang, BPOM masih berupaya untuk menemukan cara untuk membandingkan produk asli dengan yang dipalsukan. Karena itu pihak BPOM membutuhkan bantuan dari para produsen yang produknya turut dipalsukan.

"Ini sebagai bentuk juga pelindungan dari BPOM kepada pelaku usaha yang menjalankan usahanya dengan baik. Jelas mereka dirugikan," tandas Penny.




Simak juga video 'Ratusan Komestik Ilegal Ini Buatan Emak-emak':

[Gambas:Video 20detik]


Hati-Hati! Ada Kemungkinan Kosmetik Palsu Juga Dijual Online
(ask/up)
News Feed