Sabtu, 26 Jan 2019 09:17 WIB

Bincang Sehat

Kenapa Anak Lebih Doyan Thai Tea Dibanding Air Putih?

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Rasa manis memang bisa lebih menggoda lidah daripada air putih biasa. (Foto: iStock) Rasa manis memang bisa lebih menggoda lidah daripada air putih biasa. (Foto: iStock)
Jakarta -
Minuman seperti Thai tea kini tengah menjamur. Peminatnya dari segala usia mulai dari yang tua sampai si anak. Kalau orang dewasa mungkin sudah mulai pandai mengatur konsumsi makan agar seimbang, tapi kalau anak? Yang ada malah menangis kalau tidak kita belikan minuman manis. Waduh!

Tapi kenapa sih anak doyan banget minum Thai Tea ketimbang air putih? Ahli Gizi dan Diet dari University of Sydney, Leona Victoria Djajadi MND, menjelaskan karena biasanya yang manis itu disajikan dingin sehingga memberikan kesegaran yang semu. Padahal, semakin banyak anak mengonsumsi minuman yang manis akan semakin haus, lho!


"Saya merekomendasikan satu ada dua kali saja selama sebulan untuk makanan yang tidak bergizi tinggi seperti minuman manis, es krim, cake, atau kerupuk," ujarnya.

Terus bagaimana dong biar anak terbiasa tidak konsumsi minuman manis terus menerus? Nah orangtua harus mencatat nih, anak mesti dibiasakan untuk makan di lima waktu yakni pada saat sarapan, snack pagi, makan siang, snack sore, dan makan malam. Ini ditujukan agar anak tidak mengonsumsi camilan secara berlebihan atau minum thai tea terus menerus. Selain nggak sehat, jebol deh kantong ortu, hehe.

Ayo mulai sekarang ajak anak-anak kita untuk minum air putih lebih rajin!





Kenapa Anak Lebih Doyan Thai Tea Dibanding Air Putih?
(fds/up)