Sabtu, 26 Jan 2019 13:16 WIB

Mengandung Lemak, Amankah Tepung Kelapa Dikonsumsi Sehari-Hari?

Nabilla Putri - detikHealth
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Beberapa ahli kesehatan menyarankan agar mengganti terigu dengan tepung kelapa jika ingin menjalankan pola makan yang lebih sehat. Pasalnya, tepung kelapa lebih sehat dibandingkan terigu karena kaya akan serat.

Namun masih banyak orang yang takut mengonsumsi tepung kelapa karena mengandung lemak. Benarkah begitu?

Medical Manager Consumer Health Division PT Kalbe Farma, dr Helmin Agustina Silalahi, mengungkapkan tepung kelapa memang mengandung lemak. Namun lemak yang terkandung dalam tepung kelapa merupakan lemak baik atau lemak tak jenuh.

"Tepung kelapa mengandung MCT (Medium Chain Triglyceride-Trigiliserida), maka mudah untuk diubah menjadi energi," jelas dr Helmin kepada detikHealth, Kamis (24/1/2019).


Lemak tak jenuh pada tepung kelapa berbentuk asam lemak rantai sedang yang mudah dicerna dan dapat meningkatkan pembakaran penyimpanan lemak.

Selain itu, lemak tak jenuh pada tepung kelapa berfungsi sebagai penyedia energi instan, meningkatkan metabolisme tubuh, serta bersifat antivirus, antimikroba, dan antijamur.

"Karena mudah diserap dan mudah diubah menjadi energi, lemak tak jenuh ini dapat menjadi sumber energi yang cepat. Selain itu, dapat membantu menurunkan total kolesterol dan kolesterol jahat (LDL)," katanya.

Dengan kandungan serat pangan protein dan mineral seperti zat besi, kalium, dan natrium, tepung kelapa aman dikonsumsi sehari-hari untuk dijadikan bahan dasar roti dan kue. Untuk konsumsi yang lebih praktis, tepung kelapa dapat ditambahkan ke smoothie dan pudding.


Bahkan tepung dapat dijadikan campuran nasi untuk mengurangi indeks glikemik dan berfungsi mengontrol gula darah.

"Tepung kelapa dapat dicampur dengan nasi untuk menurunkan indeks glikemik sebesar 45% sehingga baik untuk penderita diabetes," papar dr. Helmin.

Yuk, ganti terigu dengan tepung kelapa seperti H2 Tepung Kelapa yang lebih sehat. Tepung kelapa ini dibuat dari daging kelapa segar dan matang serta dikemas secara higienis. (idr/up)
News Feed