Senin, 28 Jan 2019 13:53 WIB

Lagi Ngetren Makan Biskuit Dicampur Susu, Sehat Nggak Ya?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ada beberapa nutrisi yang terpenuhi dari makan biskuit dan susu. (Foto: Repro viral) Ada beberapa nutrisi yang terpenuhi dari makan biskuit dan susu. (Foto: Repro viral)
Jakarta - Lagi ngehits nih tren makan biskuit yang dicampur dengan susu yang dipopulerkan oleh salah satu selebgram. Hmmm.. kira-kira sehat tidak ya?

"Makan kan supaya teori gizi seimbang ini tercapai. Kalau hanya konsumsi biskuit itu kan tepung. Kategorinya karbohidrat dan sumber karbonya nggak kompleks," kata spesialis gizi klinik dari RS Siloam, dr Marya Haryono, SpGK, saat dijumpai di daerah Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (28/1/2019).

dr Marya melanjutkan, ketika biskuit dimakan bersamaan dengan susu memang ada nutrisi yang terpenuhi seperti protein dan lemak. Namun, ada beberapa jenis susu yang berisi lemak jenuh sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan akan membuat lemak menumpuk.




"Protein dapat, karbo dapat, lemak dapat tapi vitamin dan mineral serta serat ini nggak dapat. Biasanya yang seperti ini, normalnya dua jam akan lapar," tambahnya.

Untuk melengkapi nutrisi yang kurang dari biskuit dan susu, ada baiknya jika dibarengi dengan makanan lain. Jadi, laparnya nggak cepat, kenyangnya tahan lama.

"Kalau bisa tepungnya dikurangi, cari kreasi yang lain. atau kombinasi dengan putih telur, tempe tahu biar enak. Bisa juga ganti pake buah atau salad," pungkasnya.

(kna/up)