Selasa, 29 Jan 2019 10:00 WIB

Gara-Gara Operasi Mata, Kornea Mata Jadi Seperti Potongan Pizza

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Operasi mata pada seorang wanita menyebabkan kornea berbentu potongan pizza (Foto: thinkstock) Operasi mata pada seorang wanita menyebabkan kornea berbentu potongan pizza (Foto: thinkstock)
Jakarta - Sebuah kasus unik dilaporkan dalam jurnal ilmiah baru-baru ini. Seorang wanita 41 tahun memiliki mata dengan kornea berbentuk potongan pizza.

Bentuk yang tidak biasa itu bukan hasil tato mata, melainkan efek operasi yang dilakukannya 23 tahun sebelumnya. Ia menjalani operasi keratotomy yakni prosedur untuk mengoreksi rabun dekat atau myopi.

Dilaporkan di The New England Journal of Medicine, wanita ini tidak mengalami komplikasi sesaat setelah menjalani operasi tersebut. Namun dalam dua dekade berikutnya, penglihatannya terus memburuk.

Pemeriksaan menunjukkan ada 16 irisan berpola radial di kornea matanya. Teknik ini dikenal dengan istilah radial keratotomy.


Gara-Gara Operasi Mata, Kornea Mata Jadi Seperti Potongan PizzaFoto: New England Journal of Medicine


Sebelum ada laser, prosedur cukup populer untuk mengoreksi masalah refraksi mata di era 1980-1990-an. Dilakukan dengan irisan di korban untuk membuatnya lebih rata. Tapi kini sudah ditinggalkan karena dikaitkan dengan banyak komplikasi.

Dalam kasus ini, pasien diresepkan untuk memakai lensa korektif. Hingga 6 bulan berikutnya, dilaporkan pandangannya tidak memburuk lagi.





Simak juga video 'Robot Berhasil Operasi 12 Mata Pasien':

[Gambas:Video 20detik]

(up/ask)