Selasa, 29 Jan 2019 18:30 WIB

Sedang Stres Berat? Membayangkan Wajah Pasangan Bisa Membantu

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Membayangkan wajah pasangan bisa meringankan stres. Foto: Istock Membayangkan wajah pasangan bisa meringankan stres. Foto: Istock
Jakarta - Sebuah studi terbaru menyatakan hanya dengan membayangkan wajah pasangan dan mendapatkan dukungan dari pasangan kita bisa membantu kemampuan kita menangani stres. Studi yang dilaksanakan oleh para peneliti dari University of Arizona ini dilakukan pada 102 peserta.

Dalam penelitian tersebut, para peserta diharuskan melakukan hal yang bisa memicu stres. Yakni mereka harus merendam kaki mereka dalam air setinggi 7,5 cm dengan suhu 3-4 derajat celcius. Kebanyakan dari mereka memiliki hubungan romantis dalam jangka waktu yang lama.

Tiap peserta dibagi menjadi tiga grup. Yang pertama, pasangan mereka duduk diam bersama mereka selama menyelesaikan penelitian tersebut. Yang kedua diberikan instruksi untuk membayangkan diberikan dukungan oleh pasangan mereka, dan yang terakhir hanya memikirkan kejadian-kejadian dalam hari mereka.



Terlihat pada grup yang memiliki pasangan mereka baik hadir atau hanya dibayangkan memiliki tekanan darah yang lebih rendah ketimbang yang membayangkan apa yang terjadi dalam hari mereka. Hal ini menunjukkan reaksi mereka terhadap stres.

"[Penemuan] ini mengungkapkan bahwa berada dalam hubungan romantis dapat mendukung kesehatan seseorang, yakni dengan memungkin seseorang dapat menangani stres dan tingkat reaktivitas kardiovaskular yang lebih rendah terhadap stres sepanjang hari. Dan terlihat bahwa dengan memikirkan psanganmu sebagai sumber dukungan sama kuatnya dengan kehadiran mereka," terang penulis studi tersebut, Kyle Bourassa, dikutip dari Medical News Today.

Bourassa mencatat, bagaimanapun studi terbaru ini hanya meninjau mahasiswa saja dan terlalu spesifik. Sehingga ia berharap studi-studi berikutnya bisa bertujuan untuk melibatkan peserta dari berbagai usia.

"Hidup itu penuh dengan stres, dan satu cara terpenting agar kita bisa mengatur rasa stres ini yaitu dengan hubungan yang kita miliki, bisa dengan kehadiran mereka langsung atau membayangkan mereka di pikiran kita," tandasnya.



(frp/up)