Selasa, 29 Jan 2019 20:02 WIB

Catat! 8 Tanda Peringatan Bunuh Diri yang Harus Diwaspadai

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi bunuh diri. Foto: Thinkstock Ilustrasi bunuh diri. Foto: Thinkstock
Jakarta - Akhir-akhir ini media sosial (medsos) viral mengenai cuitan seorang mahasiswa mengenai keinginannya untuk mengakhiri hidup sebelum melakukan bunuh diri. Tidak jarang orang yang ingin bunuh diri memberitahukan keinginannya tersebut pada orang lain.

Menurut Benny Prawira, pendiri Komunitas Into The Light Indonesia, tanda-tanda peringatan bunuh diri bisa dinyatakan secara verbal (lewat kata-kata) kepada orang lain.

"Bisa dilihat di tanda peringatan bunuh diri bahwa menyatakan secara verbal ingin mati itu adalah tanda peringatan," ujarnya kepada detikHealth, Selasa (29/1/2019).



Benny menjelaskan ada delapan tanda peringatan bunuh diri yang harus diperhatikan, yaitu sering membicarakan keinginan untuk bunuh diri, membenci dan menghujat diri sendiri, mencari cara bunuh diri, mengatur segala hal untuk ditinggalkan, mengucapkan perpisahan, menarik diri dari orang lain, perilaku merusak diri sendiri, serta perubahan fisik dan mood yang drastis.

"Masalahnya adalah orang seringkali berasumsi ini caper bukan yah? Jauh lebih baik untuk kita langsung bertindak dan bertanya menunjukkan perhatian kita, daripada bertanya-tanya mencurigai semata," tuturnya.

Kebanyakan orang masih menganggap remeh tanda-tanda peringatan tersebut sehingga orang yang ingin bunuh diri tidak bisa diselamatkan.

(wdw/up)