Rabu, 30 Jan 2019 07:46 WIB

Tips Memilih Sepatu Agar Kaki Tetap Sehat dan Bebas Lecet

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Memilih sepatu ternyata nggak bisa sembarangan (Foto: Thinkstock) Memilih sepatu ternyata nggak bisa sembarangan (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Memilih sepatu yang tepat sangat penting bagi kesehatan kaki. Berbagai dampak bisa terjadi jika tak mengenakan sepatu yang sesuai, misalnya kaki lecet seperti yang dialami Bella Shofie seperti yang ia unggah dalam Instagram Story miliknya.

Soal sepatu, bagi konsultan foot and ankle surgery di RSUP Hasan Sadikin Bandung, dr Andri Permadhi, SpOT(K), yang paling penting adalah enak dipakai dan tanpa keluhan. Sebaiknya sepatu harus sesuai dengan bentuk kaki, sesuai dengan aktivitas dan lingkungan sekitarnya.

"Aktivitas juga harus diperhatikan, pakailah sepatu yang cocok dengan aktivitas yang akan dijalani. Sesuaikan dengan bentuk kaki, dan apabila ada keluhan, sebaiknya memeriksakan diri ke dokter," kata dr Andri, sapaannya, saat berbincang dengan detikHealth, Selasa (29/1/2019).



Walau banyak yang menyebut untuk memilih sepatu sebaiknya satu ukuran di atas ukuran asli, namun hal tersebut bisa dilakukan apabila memang terasa nyaman di kaki. Untuk aktivitas ringan, dr Andri menyebut sepatu longgar mungkin enak dipakai, namun bila aktivitas banyak, akan mudah bergesekan dan membuat lecet.

"Sepatu juga harus diganti secara berkala, jangan sampai solnya sudah tipis tapi masih dipakai, nanti bisa mengganggu kesehatan kaki pula," imbuhnya.

Melalui Instagram Story, aktris Bella Shofie menunjukkan foto lecet di kaki akibat penggunaan sepatu yang ia tulis berharga puluhan juta rupiah, namun tak bisa menjamin kenyamanan pemakai.

(frp/up)