Rabu, 30 Jan 2019 09:00 WIB

Viral 'Semarang' ke 'Eropa' Naik Sepeda, Begini Kisah Kocak di Baliknya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Foto Uyung yang bikin netizen ngakak. Foto: Instagram Uyung Aria Foto Uyung yang bikin netizen ngakak. Foto: Instagram Uyung Aria
Jakarta - Foto 'keliling dunia' naik sepeda milik Uyung Aria awalnya cuma buat iseng-iseng saja, tidak menyangka foto tersebut justru jadi viral dan bercandaan di mana-mana. Melalui akun Instagramnya @uyung_aria, Uyung mengunggah foto dirinya yang berdiri di depan toko dengan nama-nama kota berbeda. Misalnya saja toko dengan nama 'Surabaya', 'Semarang', 'Irian', 'Asia', bahkan 'Pasifik'. Duh, ada-ada saja ya.

Dihubungi detikHealth, Uyung mengaku foto tersebut diambil karena ia ingin bergurau dengan teman-temannya. Semua bermula ketika ia merasa jarang berolahraga dan ingin kembali mengayuh sepeda.

Apalagi ia seseorang yang dibilang cukup terkenal dan aktif di media sosial, Uyung pun kerap diminta endorse restoran atau makanan. Selain itu efek dari libur panjang dan undangan ke pembukaan restoran baru sekitar Tasikmalaya dan Bandung sedang banyak-banyaknya, ini juga yang menyumbang berat badannya makin 'jadi'. Dari sanalah ia terpikir untuk mulai berolahraga.

"Di situ saya kepikiran musti mulai olahraga, tapi mikir juga olahraga apa yang aman buat badan di atas 100 kg yang nggak terlalu menyiksa kaki , kepikirlah bersepeda," tuturnya melalui pesan singkat.

Pria kelahiran tahun 1973 ini lantas meminjam sepeda lipat milik istrinya yang memiliki diameter roda kecil, alhasil baru beberapa meter mengayuh saja rasa lelah sudah menghampiri. Tiba-tiba saja ada temannya yang menghampiri dan mencoba memberi motivasi.


"Eh orang-orang pada ngajak ke Pangandaran, itu mah bukan ngajak olahraga, ngajak ribut haha," kelakarnya.

Jaraknya yang ditempuhnya juga tidaklah sejauh nama-nama toko yang terpampang dalam fotonya. Ia hanya bersepeda di sekitaran Tasikmalaya dan kebetulan antar toko juga memiliki jarak yang berdekatan.

"Akhirnya sambil melanjutkan perjalanan saya melintasi Pusat Kota Tasikmalaya yang kebetulan waktu Itu masih pada tutup jadi merk toko sangat jelas. Karena rata-rata nama toko di daerah tersebut nama-nama kota jadi saya kepikiran untuk mengabadikan," tutur pria yang berprofesi sebagai penggiat komunitas itu.

Dari sana pun terbersit pikiran bahwa jangankan ke Pangandaran, untuk meliling dunia pun sebenarnya dapat dilakukan selama ada niat. Uyung kini berencana membuat etape kedua sambil mencari spot selanjutnya.

"Mudah-mudahan jadi motivasi juga buat yang lain kalau olahraga itu yang penting bisa bikin hati senang dan bergembira. Toh bukan untuk perlombaan, jadi sehat jasmani dan rohani," tandasnya.





Tonton juga video 'Adik Andien Naik Sepeda dari Belanda ke Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]

(ask/up)
News Feed