Rabu, 30 Jan 2019 15:35 WIB

Ortu Perlu Waspada, Infeksi Flu Perut Bisa Sangat Menular

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Flu perut alias gastroenteritis banyak menyerang anak-anak (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Gastroenteritis atau yang lebih dikenal sebagai flu perut disebabkan oleh infeksi yang berasal dari virus ataupun bakteri. Karenanya, penularan virus tersebut bisa berlangsung dengan sangat cepat.

"Infeksi virus sangat menular. Sembuh berapa lamanya ini sangat tergantung dari apa penyebabnya. Untuk infeksi yang disebabkan parasit biasanya bisa bertahan lebih lama dibanding virus atau bakteri," ujar dr Meta Hanindita, SpA, saat dihubungi oleh detikHealth, Rabu (30/1/2019).

Oleh sebab itu, pengobatan flu perut bisa sangat beragam. Sangat bergantung dari penyebab penularan, yakni bakteri, virus atau parasit.



"Kalau virus dengan cairan yang cukup dan terapi sesuai gejala aja. Kalau bakteri harus antibiotika," tambahnya.

Saat ini, dr Meta mengatakan memang sangat banyak keluhan mengenai flu perut. Maka dari itu, orangtua dihimbau untuk lebih waspada.

Karena flu perut bisa sangat menular, dihimbau untuk anak yang sedang mengidap flu perut untuk dikarantina sementara waktu dan dipisahkan dengan anak lain agar virus tidak menyebar. Ajarkan anak untuk selalu mencuci tangan dengan bersih di tiap-tiap waktu tertentu.

(kna/up)