Kamis, 31 Jan 2019 08:39 WIB

Boleh Nikah 'Cuma' 600 Ribu, Asal Adat dan Budaya Jangan Ditinggalkan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Sah-sah saja menikah dengan modal yang murah. Foto: Thinkstock Sah-sah saja menikah dengan modal yang murah. Foto: Thinkstock
Jakarta - Tren nikah murah masih menghebohkan hingga kini muncul nikah 'cuma' berbiaya 600 ribu rupiah. Walau sedang nge-tren di kalangan warganet, psikolog Rosdiana Setyaningrum, MPsi, MHPEd dari Discovery Zone Therapy Centre mengaku belum pernah mendapatkan konsultasi pernikahan soal urusan biaya selama ini.

Ketimbang soal biaya, kebanyakan yang ia terima dari pasangan yang akan menikah adalah konsultasi kepribadian. Terutama dari pasangan calon pengantin yang sudah berusia matang atau berada pada rentang usia 30-an.

"Yang dikonsultasiin itu apa mereka cocok atau nggak, kemungkinan konflik itu ada di mana, ada perbedaan komunikasi nggak yang mungkin jadi konflik, mereka bersiap siapnya gimana," tutur Rosdiana kepada detikHealth melalui sambungan telepon, Rabu (30/1/2019).

"Saya tahunya ada konflik di mana ada anak-anak yang ingin nikahnya sederhana, bukan murah tadi ya tapi simpel. Terus sementara orangtuanya inginnya yang heboh, heboh misal artian kalo harus pakai adat, adatnya harus full. sementara anaknya 'aduh harus banget ya?'" lanjutnya.


Ia mengatakan beberapa pasangan pada zaman sekarang ini lebih condong memilih pernikahan yang simpel dan tanpa prosesi adat istiadat suku atau daerah masing-masing yang dianggap cukup merepotkan atau rumit. Rosdiana cukup menyayangkan hal tersebut, karena seharusnya generasi saat ini justru melestarikan budaya Indonesia yang sangat beragam.

Oleh karena itu ia menyarankan bagi pasangan yang hendak menikah, tak masalah apabila ingin menikah dengan simpel atau biaya murah sekalipun. Asalkan tidak terlalu simpel tanpa prosesi adat yang justru menjadi poin menarik tersendiri dari tiap-tiap pernikahan.

"Sayang budayanya, padahal kita yang mesti melestarikan. Kalau nggak nanti kita jadi masyarakat tanpa budaya dong. Saya rasa kita bisa pakai adat tapi nggak mahal harganya itu lebih keren, lho. Kalau cuma ke KUA pakai jeans ya udah pasti murah," tandas Rosdiana.

Jadi lebih milih nikah berbiaya murah atau nggak nih, Healthy Friends? Coba bagikan pendapatmu di kolom komentar yuk!




Saksikan juga video 'Inikah Saat yang Tepat untuk Menikah?':

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)