Jumat, 01 Feb 2019 18:30 WIB

Bukan Gigi Kuning, Gusi Terlalu Merah Lebih Menandakan Mulut Tak Sehat

Rosmha Widiyani - detikHealth
Ilustrasi gigi dan gusi sehat. Foto: Ilustrasi/thinkstock Ilustrasi gigi dan gusi sehat. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Kuning atau putih ternyata tidak menjadi ukuran kesehatan gigi. Menurut praktisi kesehatan oral Boitumelo Koopedi, dokter gigi ternyata punya cara lain untuk mendeteksi kondisi gigi dan rongga mulut.

Tentunya dokter gigi tak perlu melakukan pemeriksaan detail seluruh organ dalam rongga mulut. Dokter hanya perlu melihat sekilas untuk mengetahui, apakah pasien kerap membersihkan gigi dan seluruh rongga mulut atau tidak.

"Kesehatan rongga mulut bisa dinilai dari warga gusi yang paling dekat dengan gigi. Warna gusi cenderung pink cerah pada gigi dan rongga mulut yang sering dibersihkan dan terhindar dari plak. Sedangkan pada yang jarang dibersihkan warnanya cenderung merah darah," kata Koopedi yang menyelesaikan studi di Dentistry and Dental Hygiene, University of Pretoria, Afrika Selatan dikutip dari Mirror.


Warna gusi yang merah darah menandakan proses pembentukan plak yang tidak terganggu. Selama pembentukan plak, gusi mengalami inflamasi yang mengakibatkan darah terkumpul di area yang mengalami luka. Akibatnya gusi terlihat berwarna merah darah. Inflamasi pada gusi disebut gingivitis.

Menurut Koopedi, gigi bisa diakali supaya terlihat putih, bersih, dan sehat. Namun sebetulnya gusi yang menentukan kebersihan dan kesehatan gigi serta rongga mulut.

(up/up)