Sabtu, 02 Feb 2019 13:21 WIB

Inovasi Baru, Pil Ping Pong yang Bisa Deteksi Kanker Sejak Dini

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilmuwan menciptakan suatu inovasi baru untuk mendeteksi kanker sejak dini. Foto: iStock Ilmuwan menciptakan suatu inovasi baru untuk mendeteksi kanker sejak dini. Foto: iStock
Jakarta - Tidak semua jenis kanker bisa dideteksi sejak dini. Namun para peneliti dari Massachusetts Institute of Technology menciptkana suatu inovasi baru untuk mendeteksi adanya sel kanker.

Yaitu pil bola ping pong yang terbuat dari perangkat hidrogel. Namun pil ini berukuran kecil seperti pil pada umumnya, kemudian didesain sedemikian rupa untuk berkembang seukuran bola ping pong setelah ditelan dan masuk ke dalam perut.

Setelah mengembang, sensor pil tersebut akan melacak suhu lambung untuk menemukan adanya suatu masalah, seperti sel kanker dan penyakit gastrointestinal (saluran pencernaan). Pil ini akan bertahan selama 30 hari di dalam tubuh.



"Mimpinya adalah memiliki pil pintar seperti Jell-O-like, yang setelah tertelan tetap di perut dan memantau kesehatan pasien untuk waktu yang lama, seperti sebulan," jelas rekan peneliti, Xuanhe Zhao dikutip dari New York Post.

Para peneliti terinspirasi dari kemampuan ikan buntal dan blowfish yang bisa mengembang sebagai taktik pertahanan. Kemudian para peneliti mendesain pil tersebut lebih lentur dan biokompatibel dibandingkan dengan pil yang hanya bertahan beberapa hari dan terbuat dari plastik.

Sejauh ini, pil ping pong baru diujikan pada babi. Tetapi para peneliti berharap pil tersebut bisa benar-benar mendeteksi kanker pada manusia. Bonusnya adalah penurunan berat badan.

"Mungkin kamu bisa meminum beberapa pil ini untuk mengisi perutmu dan menurunkan berat badan," tandas Zhao.



(wdw/up)