Rabu, 06 Feb 2019 06:47 WIB

Terungkap! Otak Wanita Lebih Muda 3,8 Tahun dari Otak Pria

Widiya Wiyanti - detikHealth
Fungsi otak manusia dipengaruhi banyak faktor (Foto: iStock) Fungsi otak manusia dipengaruhi banyak faktor (Foto: iStock)
Jakarta - Siapa bilang pria selalu lebih unggul daripada wanita? Buktinya, suatu penelitian mengungkapkan bahwa wanita lebih unggul dalam hal otak dibandikan pria.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Prosiding National Academy of Sciences ini menemukan bahwa otak wanita lebih muda 3,8 tahun secara biologis daripada otak pria. Penelitian ini melibatkan pemindaian otak 205 wanita dan pria berusia 20-82 tahun berdasarkan penggunaan glukosa dan oksigen sebagai bahan bakar.

Faktanya, otak pria menyusut lebih cepat seiring bertambahnya usia daripada wanita. Bukan hanya itu, metabolisme otak keduanya pun berbeda.

Hal ini mungkin yang menjelaskan mengapa pria lebih tua mengalami penurunan ingatan dan keterampilan bahasa daripada wanita.



"Kami baru mulai memahami bagaimana berbagai faktor yang berhubungan dengan jenis kelamin dapat memengaruhi lintasan penuaan otak dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi kerentanan dari otak untuk penyakit neurodegeneratif," ujar Dr Manu Goyal, peneliti utama dari Fakultas Kedokteran Universitas Washington di St Louis, dikutip dari Daily Mail.

Seiring bertambahnya usia, otak kita membakar lebih sedikit glukosa untuk memperkuat perkembangan otak dan lebih banyak untuk menyelesaikan tugas sehari-hari dan tantangan mental.

Algoritma komputer menemukan bahwa wanita menggunakan proporsi glukosa yang lebih tinggi untuk mengembangkan otak mereka dan menunjukkan bahwa otak mereka lebih muda.

"Bukan berarti otak pria menua lebih cepat, mereka mulai dewasa sekitar tiga tahun lebih tua daripada wanita, dan itu bertahan sepanjang hidup," tambah Manu.

"Saya pikir ini bisa berarti bahwa alasan wanita tidak mengalami penurunan kognitif sebanyak di tahun-tahun berikutnya adalah karena otak mereka secara efektif lebih muda, dan kami saat ini sedang mengerjakan penelitian untuk mengonfirmasi hal itu," jelasnya.

(wdw/up)
News Feed