Jumat, 08 Feb 2019 14:25 WIB

Pacar Suka Banting Barang Saat Marah, Psikolog: Putusin Segera!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Motor yang dibanting seorang pemuda saat kena tilang (Foto: M Guruh Nuary/detikcom) Motor yang dibanting seorang pemuda saat kena tilang (Foto: M Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Perilaku banting dan lempar barang oleh AS, pria di video viral yang tidak terima karena ditilang, bisa menjadi tanda kurangnya kemampuan kontrol emosi dalam dirinya. Dalam video tersebut, terlihat teman wanita AS tidak kuasa mencegah dan hanya bisa berisak dalam tangis.

Mungkin kejadian ini tidak hanya dialami oleh teman wanita AS, tetapi juga beberapa pasangan lain di luar sana. Sebab itu, sebelum berlanjut lebih jauh, baiknya diakhiri saja.

"Kalau ini masih pacaran sih, putusin segera! Tentu saja sebelum memutuskan hubungan, pastikan kita punya orang-orang yang menjaga kita, kita juga tahu bagaimana mengamankan diri," ujar psikolog perkawinan dan keluarga dari Universitas Indonesia, Anna Surti Ariani, SPsi, MSi, saat dihubungi detikHealth, Jumat (8/2/2019).



Nina, sapaannya, menambahkan jika memiliki pasangan yang menunjukkan sikap cederung kasar dan hubungan tidak diakhiri segera, ada risiko kekerasan dalam pacaran (KDP) berlanjut, dan akan lebih berisiko lagi jika memasuki dunia pernikahan.

"Mengapa harus ada yang jagain kita? Karena ada risiko si pacar nggak terima diputusin, lalu berusaha mendekati, mengancam, bahkan membahayakan kita. Oleh karena itu penting banget untuk memastikan bahwa kita putus tapi tetap aman," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed