Jumat, 08 Feb 2019 16:30 WIB

Kalap Banting Motor Saat Kena Tilang, Mungkinkah Cari Sensasi?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pelaku banting motor juga bakar STNK miliknya. (Foto: istimewa) Pelaku banting motor juga bakar STNK miliknya. (Foto: istimewa)
Jakarta - Lantaran kesal karena ditilang, AS tidak hanya membanting motor tetapi juga membakar STNK miliknya sebagai bukti bahwa ia tidak takut akan hukuman yang akan dihadapinya. Duh, ada-ada saja ya.

Reaksi netizen akan video bakar STNK itu pun beragam. Ada yang mengatakan kelakuan AS sangat tidak pantas sampai berujar bahwa ia hanya panjat sosial dan mencari perhatian khalayak.

"Perilaku membakar STNK dapat disebabkan oleh berbagai faktor eksternal dan internal. Perilaku ini terjadi dapat disebabkan karena Adi tidak bisa mengontrol emosi dengan baik sehingga menyebabkan Adi berperilaku di luar kontrol dan tidak wajar," ujar psikolog klinis dari Personal Growth, Talissa Carmelia dan Linda Setiawati, Jumat (8/2/2019).



Perilaku AS bisa saja terbentuk akibat pengaruh masa kecilnya, namun bisa pula terjadi karena faktor-faktor lainnya. Namun yang pasti, perilaku yang dilakukan AS menunjukkan ia tidak memiliki kemampuan kontrol emosi, terutama marah, yang baik.

"Kemungkinan bahwa perilaku ini dapat saja menjadi salah satu cara untuk mencari perhatian atau sensasi dari masyarakat. Namun perlu dicari tahu lagi apa penyebab perilaku tersebut," tutupnya.

(kna/up)