Jumat, 08 Feb 2019 17:32 WIB

Perilaku Banting Motor dan Bakar STNK, Akibat Salah Pergaulan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemuda ini membanting motor karena kena tilang (Foto: M Guruh Nuary/detikcom) Pemuda ini membanting motor karena kena tilang (Foto: M Guruh Nuary/detikcom)
Jakarta - Tindakan seperti membanting motor dan bakar STNK yang dilakukan AS karena tidak terima ditilang menunjukkan bahwa ia tidak memiliki kemampuan kontrol emosi yang tepat.

Psikolog klinis dari Personal Growth, Talissa Carmelia dan Linda Setiawati perilaku tersebut tidaklah benar yang bisa saja terbentuk dari lingkungan disekitarnya

"Salah satu faktor pembentuk kepribadian individu yakni bagaimana pola pikir, perasaan, dan tindakan individu selain faktor bawaan adalah faktor lingkungan," ujarnya saat dihubungi oleh detikHealth, Jumat (8/2/2019).



Faktor lingkungan dalam hal ini bisa mencakup berbagai hal, seperti pola pengasuhan saat kecil, budaya keluarga, maupun pengalaman-pengalaman yang dialami sejak kecil yang berdampak besar terhadap individu.

"Perilaku yang demikian dapat terbentuk akibat pengaruh masa kecilnya, namun bisa pula terjadi karena faktor-faktor lainnya. Namun yang pasti, perilaku yang dilakukan pelaku menunjukkan ia tidak memiliki kemampuan kontrol emosi, terutama marah, yang baik," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed