Jumat, 08 Feb 2019 18:32 WIB

Ibu Artis Marini Zumarnis Meninggal Karena Stroke, Kenali Faktor Risikonya

Rosmha Widiyani - detikHealth
Marini Zumarnis di pemakaman ibundanya. Foto: Noel/detikFoto Marini Zumarnis di pemakaman ibundanya. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Ibunda Marini Zumarnis, Fatmawati, meninggal dunia karena stroke. Sang ibu berpulang di RSPAD Gatot Subroto pada pukul 08.45 WIB. Mendiang dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, satu liang lahat dengan suaminya, Zumarnis Zein yang lebih dulu meninggal dunia beberapa tahun lalu.

"Hari ini ibu saya dipanggil oleh Allah SWT. Ibu saya sakit selama tujuh tahun stroke keluar masuk rumah sakit," ujar Marini Zumarnis saat ditemui usai pemakaman pada Jumat (08/02/2019) dikutip dari detikHot.


Stroke adalah gangguan pasokan darah ke otak akibat terjadinya penyumbatan (iskemik), atau pecahnya pembuluh darah (hemoragik). Dikutip dari situs American Stroke Association, faktor risiko stroke ada yang bisa dan tidak dikendalikan.

Faktor risiko yang tidak bisa dikendalikan terdiri atas usia, riwayat keluarga, dan jenis kelamin. Kasus stroke kebanyakan terjadi pada usia lebih dari 65 tahun, yang lebih umum terjadi pada perempuan. Riwayat keluarga juga menentukan risiko seseorang terkena gangguan jantung dan pembuluh darah.

Sedangkan faktor risiko yang bisa dikendalikan adalah unsur gaya hidup. Unsur ini meliputi rajin olahraga, tidak merokok, dan rajin konsumsi sayur serta buah. Gaya hidup sehat mencegah terjadinya diabetes, obesitas, dan peningkatan tekanan darah yang meningkatkan risikonya stroke.

(up/up)
News Feed