Minggu, 10 Feb 2019 07:10 WIB

Ternyata Lebah Jago Matematika

Rosmha Widiyani - detikHealth
Lebah mampu berhitung untuk hasilkan kualitas madu terbaik. (Foto: Eric Feferberg/AFP) Lebah mampu 'berhitung' untuk hasilkan kualitas madu terbaik. (Foto: Eric Feferberg/AFP)
Jakarta - Lebah ternyata mampu melakukan operasi penghitungan tambah dan bagi. Perhitungan ini menjadi dasar lebah untuk mengetahui jarak tempuh menuju sumber makan. Efektivitas memungkinkan lebah menghasilkan madu berkualitas baik, yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan.

Riset yang dilakukan peneliti dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT University) telah dimuat dalam Science Advances. Lebah mampu melakukan operasi matematika dasar dengan ukuran otaknya yang kecil. Lebah juga mampu mengingat warna, bentuk, dan ukuran bunga yang menyediakan sumber madu terbaik.

"Banyak hewan yang menunjukkan kemampuan matematika, namun tidak semuanya bisa melakukan operasi tambah seperti lebah. Riset ini memberi inspirasi pembangunan komputer yang sederhana namun berfungsi maksimal. Hal ini memungkinkan penggunaan energi yang lebih efisien," kata pimpinan studi Scarlett R Howard dikutip dari CNN.



Riset ini sekaligus menghapus stigma otak berukuran kecil yang kerap dianggap memiliki kemampuan kognitif terbatas. Lebah dan manusia terpisah sejarah evolusi selama 400 tahun. Namun lebah terbukti mampu menguasai kemampuan matematika dasar layaknya manusia.

Sampai saat ini, hewan dengan kemampuan matematika setara lebah hanya simpanse, laba-laba, dan burung kakak tua abu-abu dari Afika. Dengan kemampuan tersebut, lebah mampu membuat peta wilayah jelajah dalam mencari sumber madu. Peta bisa bertambah luas secara sistematis bergantung dari keberadaan tanaman.

(up/up)
News Feed