Minggu, 10 Feb 2019 13:00 WIB

Nggak Doyan Sayur? Ini Tips Makan Sehat Simpel ala Vincent dan Desta

Rosmha Widiyani - detikHealth
Vincent-Desta di Acara Ulang Tahun BPOM ke-18 (dok. Rosmha Widiyani/detikHealth) Vincent-Desta di Acara Ulang Tahun BPOM ke-18 (dok. Rosmha Widiyani/detikHealth)
Jakarta - Duet MC Vincent-Desta ternyata punya tips makan sehat yang simpel banget. Tips ini bisa jadi inspirasi buat kamu yang sibuk setiap hari, bahkan hingga akhir pekan.

Vincent dan Desta menyatakan pentingnya makan sayur setiap hari, meski tidak terlalu banyak. Konsumsi sayur setiap hari sebetulnya tidak sulit, karena bisa diperoleh dari garnish atau hidangan pendamping.

"Kalau dilihat garnish pada penyajian makanan terlihat simpel. Padahal sayur yang jadi bahan utama garnish bisa menambah kandungan makanan, ga cuma karbohidrat," kata Vincent Rompies pada Ulang Tahun Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) ke-18, di Kawasan Sarinah, Jakarta Pusat, Minggu (10/02/2019).



Jumlah yang belum mencapai ideal juga tidak masalah, karena porsi bisa terus diperbaiki. Menurut rekan Vincent, Desta, acar yang kerap ditemui dalam hidangan nasi dan mie goreng bisa jadi solusi makan sayur.

"Bukan sekadar hiasan ya. Ini ada timun, wortel, dan bawang dalam acar yang bisa dikonsumsi. Buat garnish ada selada dan timun," kata Desta dalam acara bertema Bersama Berbakti untuk Negeri Bangun Indonesia Kuat dan Mandiri.

Dikutip dari Health Line, sayur yang dikonsumsi matang atau mentah adalah menu wajib setiap hari. Sayur dan buah sebaiknya dikonsumsi sekitar 500 gram per hari untuk menjaga kesehatan tubuh.

Konsumsi rutin sayur dan buah tak hanya mencukupi kebutuhan nutrisi per hari. Sayur dan buah juga mencegah bertambahnya berat badan yang meningkatkan risiko obesitas, diabetes, dan tekanan darah tinggi.

(Rosmha Widiyani/up)