Rabu, 13 Feb 2019 18:19 WIB

Efektif Cegah Kanker Seviks, Berapa Sih Harga Vaksin HPV?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi vaksin HPV pada anak sekolah untuk mencegah kanker serviks. Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi vaksin HPV pada anak sekolah untuk mencegah kanker serviks. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Mencegah lebih baik daripada mengobati. Dan vaksin HPV (human papillomavirus) merupakan cara pencegahan paling efektif untuk mencegah kanker serviks.

Vaksin HPV ini bekerja efektif pada usia 9-45 tahun. Di Jakarta sendiri, sudah banyak siswa SD yang mendapatkan vaksin ini. Para dokter pun berharap seluruh wanita Indonesia juga mendapatkannya. Berapa sih harganya?

"Harganya Rp 770.000 untuk satu kali vaksin. Nggak seberapa lah, buat beli HP saja bisa," kata dokter dari Yayasan Kanker Indonesia Provinsi DKI Jakarta, dr Venita saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (13//2/2019).



Vaksin ini diberikan dua kali pada anak usia 9-13 tahun, sementara pada usia di 14-45 tahun diberikan sebanyak tiga kali.

"Dikasih sekarang, terus dua bulan lagi, yang ketiga pas enam bulan, jadi tiga kali kalau di atas 14 tahun... Cowok cewek bisa," tambah dr Venita.

Harga tersebut adalah harga per Februari 2019 di Yayasan Kanker Indonesia (YKI). dr Venita mengatakan bahwa harga tersebut adalah harga termurah dibandingkan di rumah sakit-rumah sakit.

"Kenapa bisa murah? Kita belinya box-box. Tenang bukan KW ya, asli kok," tuturnya.

dr Venita berharap semua wanita mendapatkan vaksin HPV ini, karena semuanya berisiko untuk terkena kanker serviks. Yuk ladies, kita vaksin!

(wdw/up)
News Feed