Kamis, 14 Feb 2019 09:25 WIB

Atlet Terbaik Asian Games 2018 Rikako Ikee Didiagnosis Leukemia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rikako Ikee saat berlaga di Asian Games 2018 di Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Sigid Kurniawan/wsj/Spt/18.) Rikako Ikee saat berlaga di Asian Games 2018 di Indonesia (Foto: ANTARA FOTO/INASGOC/Sigid Kurniawan/wsj/Spt/18.)
Jakarta - Perenang Jepang Rikako Ikee menyampaikan kabar tak sedap lewat akun Twitter miliknya. Ia didiagnosis leukemia, salah satu jenis kanker darah.

"Saya masih tidak percaya dan saya masih dalam kondisi bingung," kata Ikee dikutip dari Japantimes, Kamis (14/2/2019).

"Tapi ini juga satu penyakit yang bisa disembuhkan total jika dirawat dengan benar," lanjutnya.

Atlet berusia 18 tahun yang memegang sejumlah rekor nasional ini tengah dirawat di rumah sakit terkait kondisinya tersebut. Masaaki Yoshida dari Rennaisance yang menyeponsorinya mengatakan dokter menemukan penyakit Ikee dalam tahap awal.



Karena harus menjalani perawatan, Ikee akan melewatkan sejumlah kompetisi. Ia juga harus fokus beristirahat untuk memulihkan kondisi.

"Aku akan berjuang untuk menunjukkan padamu versi yang lebih tangguh dari diriku. Terima kasih atas dukungan kalian," kata Ikee.



Dikutip dari WebMD, leukemia atau sering salah tulis 'leukimia' merupakan salah satu jenis kanker darah yang bisa menyerang anak maupun dewasa. Jenisnya dibedakan menjadi akut dan kronis. Tidak diketahui pasti penyebabnya dan karenanya tidak bisa dicegah.

(up/frp)