Kamis, 14 Feb 2019 13:35 WIB

Komunitas Leukemia 'ELGEKA': Don't Give Up, Bu Ani!

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Komunitas pejuang dan penyintas kanker darah leukemia (Foto: dok. ELGEKA) Komunitas pejuang dan penyintas kanker darah leukemia (Foto: dok. ELGEKA)
Jakarta - Mantan Ibu Negara, Ani Yudhoyono saat ini tengah berjuang melawan sakit kanker darah. Dukungan dan doa tak henti-hentinya mengalir untuk istri dari Presiden ke-6 Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), tersebut.

Tak terkecuali dukungan dari ELGEKA yang merupakan Himpunan Masyarakat Peduli LGK (Leukemia Granulositik Kronik) dan GIST (Kanker Saluran Pencernaan).

"Teman-teman sekomunitas saat mendengar kabar itu langsung merespons. Kami mengirimkan doa untuk ibu Ani agar bisa melakukan aktivitas seperti biasa lagi, diberi kekuatan, diberikan kemampuan untuk survive, cepat diberikan kesembuhan," kata Paulus Maria Bagus, wakil ketua ELGEKA se-Indonesia saat dihubungi detikHealth, Kamis (14/2/2019).

"Saya pribadi harapannya Bu Ani cepat sembuh. Survive, Bu Ani. Don't give up, Bu Ani," tambah Paulus.



ELGEKA adalah sebuah komunitas untuk saling mendukung dan menguatkan bagi survivor dan warrior kanker LGK dan kanker saluran pencernaan. Akan tetapi bagi pasien kanker darah lainnya juga ada yang tergabung di sini. Anggota dari komunitas ini sudah hampir mencapai seribu orang dan tersebar di seluruh daerah di Indonesia.

"Kita sudah lumayan besar, kita ada kegiatan setahun sekali yang diikuti teman-teman leukemia. Kita bergerak karena kepedulian untuk membantu teman-teman agar mengerti dan akhirnya pumya semangat yang sama untuk survive," jelas Paulus.

ELGEKA sudah berdiri selama 12 tahun dan aktif memberikan dukungan dan edukasi untuk teman-teman pejuang kanker dengan Mahirudin Ahcmad sebagai ketua umumnya.

Tonton video: Tetap Semangat! Dukungan Moril Sutopo untuk Ani Yudhoyono

[Gambas:Video 20detik]



Salah satu kegiatan yang aktif dilakukan adalah mengundang dokter untuk sesi tanya jawab dan pemahaman soal kanker lebih lanjut. Tak hanya itu, penguatan secara personal juga dilakukan.

"Dulu saya begitu sakit saya downnya lama karena nggak ketemu survivornya, nah sekarang ketemu misalnya waktu itu ada Ibu di RS langsung kecewa setelah tahu penyakitnya. Tapi begitu lihat kita tuh juga kena sudah lebih lama dan kita cerita, wah langsung semangat. Dulu takut, sekarang dia sudah bisa beraktivitas seperti biasa," kisah Paulus.



Paulus menyadari bahwa tiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dalam menyikapi suatu masalah, karena itu ELGEKA hadir untuk menunjukkan bahwa pejuang kanker itu sendiri dan mereka bisa untuk survive.

"Yang paling penting ketika kena adalah kita menerima apa yang tidak bisa terima. Sakit itu harus kita terima, meski seharusnya tidak bisa menerima itu. Tapi kalau kita bisa menerima, kita jadi bisa menjalani hidup dengan suka cita, punya sifat ikhlas."

"Jangan pernah menyerah untuk menuju pemulihan, jangan menyerah untuk sehat, jangan menyerah sampai tuntas," tukas Paulus.

Ani Yudhoyono tengah berjuang melawan kanker darah di Singapura.Ani Yudhoyono tengah berjuang melawan kanker darah di Singapura. Foto: AFP




Bagi teman-teman yang ingin mengetahui soal ELGEKA lebih lanjut dan membutuhkan support dari para survivor, hubungi nomor-nomor di bawah ini:

DKI Jakarta
081281219008 (Lidia)

Jawa Barat
081809257739 (Endang)

Jawa Timur
0818501651 (Betty)

Semarang
081914632089 (Astrid)

Bali
082237999973 (Jessica Poetiray)

Papua
081223982223 (Paulus Weti)

Yogyakarta
081223982223 (Rena)

Makassar
085242543610 (Sherly)

Solo
085229072875 (Hadi) (ask/up)
News Feed